Pengukuran Kepuasan Pengguna (EUCS) E-learning Menggunakan Instrumen Webqual 4.0 (Studi Kasus Sma Muhammadiyah 2 Sidoarjo)

Rudyono, Eno Putri (2017) Pengukuran Kepuasan Pengguna (EUCS) E-learning Menggunakan Instrumen Webqual 4.0 (Studi Kasus Sma Muhammadiyah 2 Sidoarjo). Undergraduate thesis, UPN VETERAN JAWA TIMUR.

[img]
Preview
Text (COVER)
COVER.pdf

Download (624kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
BAB I NEW.pdf

Download (216kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
BAB II NEW.pdf
Restricted to Registered users only until 19 January 2024.

Download (417kB)
[img] Text (BAB III)
BAB III NEW.pdf
Restricted to Registered users only until 19 January 2024.

Download (170kB)
[img] Text (BAB IV)
BAB IV NEW.pdf
Restricted to Registered users only until 19 January 2024.

Download (133kB)
[img] Text (BAB V)
BAB V NEW.pdf
Restricted to Registered users only until 19 January 2024.

Download (866kB)
[img]
Preview
Text (BAB VI)
BAB VI NEW.pdf

Download (94kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (308kB) | Preview
[img] Text (LAMPIRAN)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only until 19 January 2024.

Download (3MB)

Abstract

E-learning merupakan bentuk pembelajaran jarak jauh yang dilakukan melalui media internet. E-learning sebagai penyampaian informasi, pendidikan, dan pelatihan secara online yang dapat mempermudah dan memperkaya nilai belajar. E-learning sebagai pembelajaran yang menggunakan rangkaian elektronik untuk menyampaikan isi pembelajaran, interaksi, atau bimbingan. SMA Muhammadiyah 2 Sidoarjo memiliki E-learning sekolah yang kurang dimanfaatkan oleh siswa sebagai sarana pembelajaran. Dengan demikian pada penelitian ini akan mengukur seberapa besar siswa merasakan kepuasan terhadap E-learning yang tersedia di SMA Muhammadiyah 2 Sidoarjo dengan menggunakan instrumen WebQual 4.0, menggunakan teknik random sampling dan dengan jumlah responden sebesar 229 responden. Data dianalisis menggunakan metode SEM (Struktural Equation Model) pada SPSS 16 dan Warp PLS 5.0. Berdasarkan analisis menggunakan metode SEM menghasilkan bahwa ketiga variabel dari WebQual yaitu Usability, Information Quality, dan Interaction Quality berpengaruh signifikan pada User Satisfaction. Hasil dari penelitian ini dapat menjelaskan bahwa kepuasan siswa E-learning menerangkan sebesar 34% terhadap E-learning SMA Muhammadiyah 2 Sidoarjo.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorSuryanto, Tri Lathif MardiNIDN0025028902UNSPECIFIED
Thesis advisorIthriah, Syurfah AyuNIDN0028018504UNSPECIFIED
Subjects: T Technology > T Technology (General)
T Technology > T Technology (General) > T58.6-58.62 Management Information Systems
Divisions: Faculty of Computer Science > Departemen of Information Systems
Depositing User: Sri Nur Azizah
Date Deposited: 19 Jan 2022 06:20
Last Modified: 19 Jan 2022 06:20
URI: http://repository.upnjatim.ac.id/id/eprint/4531

Actions (login required)

View Item View Item