PUBLIC DISPLAY OF AFFECTION PADA MEDIA SOSIAL TIKTOK (Studi Deskriptif Kualitatif Motivasi Pengguna Media Sosial Tiktok dalam Melakukan Public Display of Affection)

PRADINA PUTRI, AINAYA (2022) PUBLIC DISPLAY OF AFFECTION PADA MEDIA SOSIAL TIKTOK (Studi Deskriptif Kualitatif Motivasi Pengguna Media Sosial Tiktok dalam Melakukan Public Display of Affection). Undergraduate thesis, UPN "VETERAN" JAWA TIMUR.

[img]
Preview
Text (COVER)
COVER.pdf

Download (596kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
BAB I.pdf

Download (379kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only until 17 January 2024.

Download (657kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (199kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (914kB) | Request a copy
[img]
Preview
Text (BAB V)
BAB V.pdf

Download (264kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (333kB) | Preview
[img] Text (LAMPIRAN)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (627kB) | Request a copy

Abstract

AINAYA PRADINA PUTRI, PUBLIC DISPLAY OF AFFECTION PADA MEDIA SOSIAL TIKTOK (Studi Deskriptif Kualitatif Motivasi Pengguna Media Sosial Tiktok dalam Melakukan Public Display of Affection). Masyarakat Indonesia khususnya para remaja sudah semakin akrab dengan perilaku pacaran. Bahkan, saat ini mereka tidak ragu untuk menunjukkan kemesraan atau romantisme mereka di media sosial seperti Tiktok. Romantisme ditunjukkan dalam konten video yang dibuat dan disebarkan secara publik dimana siapa saja dapat dapat mengakses video tersebut termasuk remaja bahkan anak-anak. Sementara catatan kekerasan di Indonesia memiliki persentase yang tinggi akibat perilaku pacaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan mendeskripsikan motivasi remaja melakukan public display of affection di media sosial Tiktok menggunakan teori kebutuhan dan motivasi dari Clayton Alderfer. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif dan pengumpulan data dilakukan melalui wawancara mendalam dan dokumentasi terhadap empat informan yang telah peneliti tentukan. Hasil penelitian menunjukkan informan melakukan PDA di Tiktok untuk memenuhi kebutuhan akan hubungan (relatedness’s needs) yaitu mendapat penerimaan positif dari pengguna Tiktok lainnya dan penerimaan positif dari orang-orang disekitar informan seperti keluarga dan teman-teman. Selain itu, informan juga berhasil memenuhi kebutuhan akan keberadaan (existence’s needs) yaitu mendapatkan penghasilan dari tawaran endorsement produk, menghilangkan rasa takut akan kehadiran orang ketiga dalam hubungan informan serta menghilangkan rasa takut pasangan tidak mau mengakui atau merasa malu memiliki pacar seperti diri informan, dan kebutuhan akan pertumbuhan (growth’s needs) yaitu keinginan informan untuk terus belajar dan mengembangkan kreativitas dan ide-ide untuk dituangkan dalam konten-konten informan. Kata Kunci: Motivasi, Public Display of Affection, Tiktok

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorALAMIYAH, SYIFA SYARIFAHNIDN0724038403UNSPECIFIED
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Faculty of Social and Political Sciences > Departement of Communication
Depositing User: Ainaya Pradina Putri
Date Deposited: 17 Jan 2022 08:28
Last Modified: 17 Jan 2022 08:28
URI: http://repository.upnjatim.ac.id/id/eprint/4289

Actions (login required)

View Item View Item