ANALISIS RISIKO K3 PADA KEGIATAN REPARASI KAPAL DENGAN MENGGUNAKAN METODE HIRADC DAN METODE JSA (STUDI KASUS : PT. ADILUHUNG SARANASEGARA INDONESIA)

Faizah, Nurul (2021) ANALISIS RISIKO K3 PADA KEGIATAN REPARASI KAPAL DENGAN MENGGUNAKAN METODE HIRADC DAN METODE JSA (STUDI KASUS : PT. ADILUHUNG SARANASEGARA INDONESIA). Undergraduate thesis, UPN Veteran Jatim.

[img]
Preview
Other (COVER)
COVER.PDF

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Other (BAB 1)
1.PDF

Download (444kB) | Preview
[img] Other (BAB 2)
2.PDF
Restricted to Registered users only until 10 January 2024.

Download (585kB)
[img] Other (BAB 3)
3.PDF
Restricted to Registered users only until 10 January 2024.

Download (480kB)
[img] Other (BAB 4)
4.PDF
Restricted to Registered users only until 10 January 2024.

Download (940kB)
[img]
Preview
Other (BAB 5)
5.PDF

Download (211kB) | Preview
[img]
Preview
Other (DAFTAR PUSTAKA)
Dapus.PDF

Download (298kB) | Preview
[img] Text (LAMPIRAN)
Lam.pdf
Restricted to Registered users only until 10 January 2024.

Download (1MB)

Abstract

Industri perkapalan adalah industri yang bergerak di bidang jasa pembuatan kapal dan jasa perbaikan kapal. Salah satu risiko tinggi dalam kegiatan reparasi kapal yaitu pada aspek Keselamatan dan Kesehatan kerjanya (K3) dimana secara umum pengendaliannya dilakukan dengan menajemen risiko. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat risiko pada kegiatan reparasi kapal, pengendalian risiko serta usulan perbaikan. Pada penelitian ini risiko diidentifikasi menggunakan metode Hazard Identification, Risk Assessment and Determining Control (HIRADC) dan Metode Job Safety Analysis (JSA), identifikasi risiko ini dilaksanakan dengan melakukan pengamatan di lapangan, kemudian risiko ini dinilai tingkat kemungkinan (probability) dan dampaknya (impact), setelah itu dilakukan pemberian penilaian level risiko, pekerjaan dengan risiko tinggi kemudian akan diidentifikasi lebih lanjut menggunakan JSA. Tahapan paling akhir penelitian ini yaitu untuk mengetahui metode pengendalian risiko yang diterapkan, dan memberikan usulan perbaikan. Hasil dari proses identifikasi risiko serta penilaian dengan matriks risiko dari 4 pekerjaan yang sudah diamati pada kegiatan reparasi kapal, 1 pekerjaan memiliki level risiko sedang dan 3 pekerjaan memiliki level risiko tinggi. Dari tiga pekerjaan yang memiliki level risiko tinggi tersebut terdapat 6 risiko ekstrim. Kata kunci: Risiko, KeselamataniidaniiKesehataniiKerjaii(K3),nHazard Identification, RiskiiAssessment andiiDeterminingiiControlii(HIRADC), Job SafetyiiAnalysisii(JSA)

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDKEmail
UNSPECIFIEDTRANGGONO, TRANGGONONIDN0022128601UNSPECIFIED
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management
T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
Divisions: Faculty of Engineering > Departement of Industrial Engineering
Depositing User: Amalia Hani
Date Deposited: 10 Jan 2022 02:45
Last Modified: 10 Jan 2022 02:45
URI: http://repository.upnjatim.ac.id/id/eprint/3987

Actions (login required)

View Item View Item