STRATEGI PEMERINTAH JEPANG DALAM MENGOPTIMALKAN KEBIJAKAN MUSLIM-FRIENDLY TOURISM SEBAGAI BENTUK NATION BRANDING UNTUK MENARIK WISATAWAN MUSLIM DI ASIA TENGGARA TAHUN 2014-2019

RIDWAN, MUHAMMAD (2021) STRATEGI PEMERINTAH JEPANG DALAM MENGOPTIMALKAN KEBIJAKAN MUSLIM-FRIENDLY TOURISM SEBAGAI BENTUK NATION BRANDING UNTUK MENARIK WISATAWAN MUSLIM DI ASIA TENGGARA TAHUN 2014-2019. Undergraduate thesis, UPN Veteran Jatim.

[img]
Preview
Other (COVER)
Cover.PDF

Download (2MB) | Preview
[img]
Preview
Other (BAB 1)
1.PDF

Download (273kB) | Preview
[img] Other (BAB 2)
2.PDF
Restricted to Registered users only until 4 January 2024.

Download (503kB)
[img] Other (BAB 3)
3.PDF
Restricted to Registered users only until 4 January 2024.

Download (389kB)
[img]
Preview
Other (BAB 4)
4.PDF

Download (83kB) | Preview
[img]
Preview
Other (DAFTAR PUSTAKA)
Dapus.PDF

Download (127kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini membahas mengenai kebijakan Jepang terkait pengembangan industri muslim-friendly tourism. Beberapa tahun belakangan, industri pariwisata ramah muslim menjadi lahan ekonomi yang sangat besar. Hal tersebut menjadi pembahasan menarik dalam penelitian ini, sebab Jepang merupakan negara dengan populasi Muslim minor. Populasi muslim di Jepang berjumlah sekitar 200.000 dari 127 juta jiwa, yang merepresentasikan kurang dari 1% populasi total negara. Dengan menggunakan konsep nation branding, dan muslim-friendly tourism penelitian ini berfokus pada upaya Jepang menarik lebih banyak wisatawan muslim, khususnya Asia Tenggara. Penelitian ini juga berfokus pada upaya-upaya Jepang menciptakan dan mengoptimalkan potensi pasar tersebut. Melalui data-data dan statistik teoritik, penelitian ini menghasilkan temuan bahwa terdapat beberapa upaya Jepang mengoptimalkan muslim-friendly tourism-nya. Pertama memberikan kemudahan visa. Kedua menerapkan konsep omotenashi guna mempermudah pemahaman masyarakat Jepang terhadap muslim. Ketiga, memperkenalkan Jepang melalui berbagai media muslim. Selain itu, melalui penelitian eksplanatif, pada akhirnya tujuan dari penelitian ini adalah membuktikan bahwa upaya Jepang berhasil. Kata Kunci: Muslim-Friendly Tourism, Jepang, Asia Tenggata, Pariwisata Ramah Muslim

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDKEmail
UNSPECIFIEDRASYIDAH, RESANIDN0731108602UNSPECIFIED
Subjects: J Political Science > JZ International relations
Divisions: Faculty of Social and Political Sciences > Departement of International Relations
Depositing User: Amalia Hani
Date Deposited: 04 Jan 2022 06:50
Last Modified: 04 Jan 2022 06:53
URI: http://repository.upnjatim.ac.id/id/eprint/3896

Actions (login required)

View Item View Item