ANALISIS FAKTOR PENERIMAAN GOOGLE CLASSROOM MENGGUNAKAN TECHNOLOGY ACCEPTANCE MODEL DI UNIVERSITAS PGRI ADI BUANA SURABAYA

NINGTYAS, JIHAN PRASASTI (2021) ANALISIS FAKTOR PENERIMAAN GOOGLE CLASSROOM MENGGUNAKAN TECHNOLOGY ACCEPTANCE MODEL DI UNIVERSITAS PGRI ADI BUANA SURABAYA. Undergraduate thesis, UPN Veteran Jatim.

[img]
Preview
Other (COVER)
Cover.PDF

Download (13MB) | Preview
[img]
Preview
Other (BAB 1)
1.PDF

Download (77kB) | Preview
[img] Other (BAB 2)
2.PDF
Restricted to Registered users only until 13 December 2023.

Download (360kB)
[img] Other (BAB 3)
3.PDF
Restricted to Registered users only until 13 December 2023.

Download (452kB)
[img] Other (BAB 4)
4.PDF
Restricted to Registered users only until 13 December 2023.

Download (818kB)
[img]
Preview
Other (BAB 5)
5.PDF

Download (14kB) | Preview
[img]
Preview
Other (DAFTAR PUSTAKA)
Dapus.PDF

Download (163kB) | Preview
[img] Other (LAMPIRAN)
Lam.PDF
Restricted to Registered users only until 13 December 2023.

Download (3MB)

Abstract

E-learning adalah salah satu perkembangan teknologi informasi yang menyentuh dunia pendidikan dan memiliki potensi yang tinggi untuk menciptakan kegiatan pembelajaran yang lebih efektif. Namun, adopsi e-learning di beberapa daerah di Indonesia terbilang cukup rendah. Salah satu faktornya adalah karena masih kurangnya pemahaman akan faktor-faktor adopsi e-learning. Dengan demikian, penelitian yang dapat mengungkap faktor adopsi e-learning penting untuk dilakukan. Berdasarkan tinjauan pustaka, salah satu model yang secara komprehensif dapat menjelaskan penerimaan e-learning adalah model TAM yang dikembangkan oleh Salloum et al. Pada penelitian ini model tersebut digunakan sebagai acuan untuk mengungkap faktor-faktor adopsi e-learning. Yang dalam hal ini, dibatasi hanya pada sebuah perguruan tinggi di Surabaya, yaitu Universitas PGRI Adi Buana – yang mengadopsi Google Classroom sebagai sistem e-learning. Penelitian kuantitatif ini bertujuan untuk mengetahui faktor-faktor apa saja yang memengaruhi penerimaan penggunaan Google Classroom oleh mahasiswa Univeristas PGRI Adi Buana Surabaya menggunakan Technology Acceptance Model yang dikembangkan Salloum et al. Terdapat 376 data tanggapan mahasiswa yang dianalisis menggunakan teknik Partial Least Square Structural Equation Modelling (PLS-SEM). Perangkat lunak yang digunakan untuk pengujian model dalam penelitian ini adalah SmartPLS 3.3. Pengumpulan data penelitian didapat melalui penyebaran kuesioner secara daring. Berdasarkan hasil penelitian didapatkan bahwa variabel System Quality, Computer Playfulness, Perceived Usefulness, Perceived Accessibility, Content Quality, Computer Self-efficacy, Perceived Enjoyment, Perceived Ease of Use, dan Subjective Norm memiliki pengaruh yang signifikan terhadap penerimaan penggunaan Google Classroom. Sementara variabel Information Quality tidak memiliki pengaruh yang signifikan terhadap penerimaan penggunaan Google Classroom. Diharapkan hasil penelitian ini dapat memberikan gambaran secara umum faktor adopsi e-learning, dan mendorong para peneliti untuk mengkaji adopsi e-learning baik dari sudut pandang sistem ataupun tempat yang berbeda. Kata Kunci : google classroom, technology acceptance model, e-learning

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDKEmail
UNSPECIFIEDRIDWANDONO, DODDYNIDN0719057801UNSPECIFIED
UNSPECIFIEDSURYANTO, TRI LATHIF MARDINIDN0025028902UNSPECIFIED
Subjects: T Technology > T Technology (General) > T58.6-58.62 Management Information Systems
Divisions: Faculty of Computer Science > Departemen of Information Systems
Depositing User: Amalia Hani
Date Deposited: 13 Dec 2021 08:02
Last Modified: 14 Dec 2021 01:37
URI: http://repository.upnjatim.ac.id/id/eprint/3526

Actions (login required)

View Item View Item