KUALITAS PELAYANAN KESEHATAN DALAM MENINGKATKAN KEPUASAN MASYARAKAT DI INSTALASI GAWAT DARURAT RSUD Dr. SOETOMO SURABAYA (Studi Tentang Penanganan Kecelakaan Lalu Lintas)

Pratama, Kharisma Yudha (2020) KUALITAS PELAYANAN KESEHATAN DALAM MENINGKATKAN KEPUASAN MASYARAKAT DI INSTALASI GAWAT DARURAT RSUD Dr. SOETOMO SURABAYA (Studi Tentang Penanganan Kecelakaan Lalu Lintas). Other thesis, UPN Veteran Jawa Timur.

[img]
Preview
Text (Cover)
Cover.pdf

Download (790kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Bab 1)
Bab 1.pdf

Download (425kB) | Preview
[img] Text (Bab 2)
Bab 2.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (671kB)
[img] Text (Bab 3)
Bab 3.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (405kB)
[img] Text (Bab 4)
Bab 4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img]
Preview
Text (Bab 5)
Bab 5.pdf

Download (202kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
Daftar pustaka.pdf

Download (301kB) | Preview
[img] Text (Lampiran)
Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (881kB)

Abstract

Penelitian ini didasarkan pada Pelayanan Kesehatan yang dilakukan oleh IGD RSUD Dr. Soetomo Surabaya kepada Pasien mengingat RSUD Dr. Soetomo adalah Rumah Sakit Rujukan wilayah Indonesia Timur. Fenomena yang ditunjukkan adalah Angka Kecelakaan Lalu Lintas yang tinggi. Pelayanan kesehatan yang mudah diharapkan juga dapat meningkatkan derajat kesehatan masyarakat. Rumah Sakit Umum Daerah Dr. Soetomo Surabaya merupakan salah satu pelayanan kesehatan oleh pemerintah. Pelayanan kesehatan termasuk dalam elemen esensial dalam pembangunan nasional dan pengentasan kemiskinan. Namun kenyataannya banyak pelayanan kesehatan yang dinilai masih jauh dari harapan masyarakat. Fakta ini menunjukkan bahwa RSUD Dr. Soetomo Surabaya sebagai salah satu faktor yang dipertimbangkan agar pelayanan kesehatan harus mempunyai kualitas pelayanan yang baik. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan kualitas pelayanan kesehatan di RSUD Dr. Soetomo, Surabaya. Untuk mengetahui bagaimana kualitas pelayanan kesehatan di RSUD Dr. Soetomo Surabaya, digunakan lima dimensi kualitas, yaitu proses tangible, reliability, responsiveness, assurance, dan empathy. Penelitian yang dilakukan menggunakan teori pelayanan publik dan teori kualitas pelayanan. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif-deskriptif. Lokasi penelitian adalah Rumah Sakit RSUD Dr. Soetomo, Surabaya. Staf Rumah Sakit Umum Dr. Soetomo Surabaya digunakan sebagai informan sesuai dengan uraian tugas dan pelanggan RSUD Dr. Soetomo Surabaya yang berpengalaman dengan kualitas pelayanan kesehatan. Penentuan informan menggunakan metode teknik sampling non random (purposive). Pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan reduksi data, tinjauan data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kualitas pelayanan kesehatan di RSUD Dr. Soetomo Surabaya terhadap pelanggan yang merasakan pelayanan yang diberikan telah mampu memberikan kepuasan. Kata kunci: Pelayanan Kesehatan, Kualitas Pelayanan, Kepuasan Pelayanan

Item Type: Thesis (Other)
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorWidiyarta, AgusNiDN0708087101UNSPECIFIED
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Faculty of Social and Political Sciences > Departement of Public Administration
Depositing User: Fatchullah Fatchullah
Date Deposited: 08 Oct 2020 10:38
Last Modified: 08 Oct 2020 10:38
URI: http://repository.upnjatim.ac.id/id/eprint/337

Actions (login required)

View Item View Item