GAME EDUKASI “River Guard” BERBASIS AUGMENTED REALITY DENGAN METODE DYNAMIC DIFFICULTY ADJUSTMENT

ALPHATORA, WIRA MAHADHIKA (2021) GAME EDUKASI “River Guard” BERBASIS AUGMENTED REALITY DENGAN METODE DYNAMIC DIFFICULTY ADJUSTMENT. Undergraduate thesis, UPN Veteran Jatim.

[img]
Preview
Other (COVER)
Cover.PDF

Download (3MB) | Preview
[img]
Preview
Other (BAB 1)
1.PDF

Download (129kB) | Preview
[img] Other (BAB 2)
2.PDF
Restricted to Registered users only until 11 November 2023.

Download (395kB)
[img] Other (BAB 3)
3.PDF
Restricted to Registered users only until 11 November 2023.

Download (471kB)
[img] Other (BAB 4)
4.PDF
Restricted to Registered users only until 11 November 2023.

Download (1MB)
[img]
Preview
Other (BAB 5)
5.PDF

Download (122kB) | Preview
[img]
Preview
Other (DAFTAR PUSTAKA)
Dapus.PDF

Download (108kB) | Preview

Abstract

Banjir merupakan salah satu permasalahan yang kerap terjadi di Indonesia. Salah satu penyebab utama banjir adalah kebiasaan masyarakat membuang sampah di sungai. Masyarakat cenderung belum teredukasi mengenai dampak dari kebiasaan ini. Terdapat beberapa cara yang dapat dilakukan untuk mengatasi permasalahan ini, salah satunya dengan game edukasi. Game edukasi dipilih karena dengan edukasi yang menyenangkan akan menumbuhkan kemauan untuk belajar untuk anak - anak. Dengan pemanfaatan Augmented Reality, permainan menjadi menarik dan seru untuk dimainkan. Game edukasi ini bergenre strategy sehingga dapat merangsang polar pikir pengguna terhadap suatu masalah dan kejadian yang ada. Berdasarkan beberapa hal tersebut penulis ingin membuat sebuah permainan edukasi sampah yang berjalan dengan augmented reality menggunakan metode dynamic difficulty adjustment sebagai pengatur tingkat kesulitan pada permainan. Hasil uji kelayakan game River Guard berdasarkan kuesioner dari 20 responden menghasilkan perolehan sebesar 80,9%. Berdasarkan perolehan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa game edukasi River Guard telah masuk dalam katergori layak. Kata kunci: Game Edukasi, Augmented Reality, Dynamic Difficulty Adjustment.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDKEmail
UNSPECIFIEDATMAJA, PRATAMA WIRYANIDN0006018407UNSPECIFIED
UNSPECIFIEDADITIAWAN, FIRZA PRIMANIDN0023058605UNSPECIFIED
Subjects: Q Science > Q Science (General)
Divisions: Faculty of Computer Science > Departemen of Informatics
Depositing User: Amalia Hani
Date Deposited: 11 Nov 2021 04:24
Last Modified: 11 Nov 2021 04:24
URI: http://repository.upnjatim.ac.id/id/eprint/3198

Actions (login required)

View Item View Item