REPRESENTASI MASKULINITAS TOKOH UTAMA DALAM FILM (Studi Analisis Semiotika Roland Barthes Mengenai Maskulinitas Tokoh Utama dalam Film Pretty Boys)

FEBRIANA, HELDA UTHA (2021) REPRESENTASI MASKULINITAS TOKOH UTAMA DALAM FILM (Studi Analisis Semiotika Roland Barthes Mengenai Maskulinitas Tokoh Utama dalam Film Pretty Boys). Undergraduate thesis, UPN Veteran Jatim.

[img]
Preview
Text (COVER)
Cover.pdf

Download (739kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
1.pdf

Download (520kB) | Preview
[img] Text (BAB 2)
2.pdf
Restricted to Registered users only until 19 October 2023.

Download (517kB)
[img] Text (BAB 3)
3.pdf
Restricted to Registered users only until 19 October 2023.

Download (606kB)
[img] Text (BAB 4)
4.pdf
Restricted to Registered users only until 19 October 2023.

Download (885kB)
[img]
Preview
Text (BAB 5)
5.pdf

Download (286kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR PUSTAKA)
Dapus.pdf

Download (404kB) | Preview
[img] Text (LAMPIRAN)
Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only until 19 October 2023.

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menunjukkan dan memahami makna representasi maskulinitas yang terdapat pada tokoh utama dalam film Pretty Boys karya Teuku Adifitrian (Tompi). Penelitian ini berfokus pada sifat maskulinitas No sissy stuff (Tidak kewanita-wanitaan), Be a Big Wheel (Berpengaruh penting), Be a Sturdy Oak (Kuat), Give em Hell (Berani), New Man as Nurturer (Kebapakan), New Man as Narcissist (mengikuti trend). Metode penelitian yang digunakan adalah metode kualitatif interpretasi dengan teknik analisis data, menggunakan analisiis semiotika Roland Barthes yang bertujuan untuk menjelaskan bentuk-bentuk maskulinitas pada film Pretty Boys. Berdasarkan hasil pembahasan dapat diketahui bahwa reprensetasi maskulinitass dalam film Pretty Boys terbagi dalam dua bentuk. Pertama maskulinitas pada tokoh utama dicitrakan dengan maskulinitas tradisional, dimana tokoh utama merupakan sosok yang sukses, mandiri, memiliki banyak penggemar dan bertanggung jawab terhadap pekerjaannya. Kedua maskulinitas baru (new mascuality), yakni sebagai sosok lelaki yang memiliki loyalitas tinggi dan memikirkan penampilannya dalam berpakaian. Kata kunci : Representasi, Maskulinitas, Film, Analisis semiotika Roland Barthes

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDKEmail
UNSPECIFIEDKUSUMA, ADENIDN0708018501UNSPECIFIED
Subjects: P Language and Literature > P Philology. Linguistics > P87 Communication. Mass Media
Divisions: Faculty of Social and Political Sciences > Departement of Communication
Depositing User: Amalia Hani
Date Deposited: 19 Oct 2021 01:23
Last Modified: 19 Oct 2021 01:23
URI: http://repository.upnjatim.ac.id/id/eprint/2950

Actions (login required)

View Item View Item