IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN DARING DI UPT SMP NEGERI 20 GRESIK

NURAINI, SITI (2021) IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN DARING DI UPT SMP NEGERI 20 GRESIK. Undergraduate thesis, UPN Veteran Jatim.

[img]
Preview
Text (COVER)
Cover.pdf

Download (960kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB 1)
1.pdf

Download (201kB) | Preview
[img] Text (BAB 2)
2.pdf
Restricted to Registered users only until 12 October 2023.

Download (313kB)
[img] Text (BAB 3)
3.pdf
Restricted to Registered users only until 12 October 2023.

Download (143kB)
[img] Text (BAB 4)
4.pdf
Restricted to Registered users only until 12 October 2023.

Download (1MB)
[img]
Preview
Text (BAB 5)
5.pdf

Download (47kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR PUSTAKA)
Dapus.pdf

Download (71kB) | Preview
[img] Text (LAMPIRAN)
Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only until 12 October 2023.

Download (5MB)

Abstract

Penyelenggaraan pendidikan di Indonesia, tidak terlepas dari adanya pencapaian tujuan yang merupakan tolak ukur suatu keberhasilan. Penyelenggaraan pendidikan saat ini, tengah dihadapkan oleh adanya pandemi covid-19. Oleh karena itu, pemerintah menutup kegiatan belajar mengajar secara tatap muka dan membuat kebijakan baru yaitu pembelajaran daring. Pembelajaran daring merupakan pembelajaran yang dilakukan secara virtual dengan teknologi informasi, komunikasi dan media lainnya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan mendeskripsikikan bagaimana implementasi pembelajaran daring di UPT SMP Negeri 20 Gresik. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini ialah dengan menggunakan metode kualitatif. Fokus dalam penelitian didasarkan pada teori implementasi George C.Edward III yang meliputi 1). Komunikasi, 2). Sumber Daya , 3).Disposisi, 4.) Struktur Birokrasi. Teknik pengumpulan data diperoleh melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil yang diperoleh dalam penelitian ini yaitu : 1). Komunikasi dalam pelaksanaan pembelajaran daring belum terimplementasikan dengan baik karena pada faktor transmisi sosialisasi yang diberikan terkesan mendadak sehingga masalah persiapan belum maksimal. 2). Sumber Daya dalam implementasi pembelajaran daring di UPT SMP Negeri 20 Gresik juga belum terimplementasikan dengan baik karena terdapat kendala pada bantuan kuota pemerintah. 3). Disposisi implementor terkait pelaksanaan pembelajaran daring, belum terimplementasikan secara optimal, karena masih adanya kendala pada indikator kognisi yang dialami oleh siswa. 4). Strutur Organisasi dalam pelaksanaan pembelajaran daring di UPT SMP Negeri 20 Gresik mengacu pada Surat Edaran Nomor 15 Tahun 2020. Implementasi pembelajaran daring di UPT SMP Negeri 20 Gresik, belum terimplementasikan dengan baik karena masih terdapat kendala pada kejelasan informasi yang diberikan, fasilitas bantuan kuota pemerintah yang belum efektif diterima oleh siswa, serta kurangnya pemahaman siswa dalam memahami materi menjadi penghambat proses pembelajaran daring. Kata Kunci : Implementasi, Pembelajaran Daring

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDKEmail
UNSPECIFIEDNAWANGSARI, ERTIEN RININGNIDN0016016809UNSPECIFIED
Subjects: J Political Science > JF Political institutions (General) > JF1338-2112 Public administration
Divisions: Faculty of Social and Political Sciences > Departement of Public Administration
Depositing User: Amalia Hani
Date Deposited: 12 Oct 2021 06:38
Last Modified: 12 Oct 2021 06:38
URI: http://repository.upnjatim.ac.id/id/eprint/2834

Actions (login required)

View Item View Item