ANALISIS EFISIENSI PEMASARAN DAN NILAI TAMBAH KOPI ROBUSTA DI DESA CARANGWULUNG KECAMATAN WONOSALAM KABUPATEN JOMBANG, JAWA TIMUR

SYAHRANI, MIERZA WIDYA (2021) ANALISIS EFISIENSI PEMASARAN DAN NILAI TAMBAH KOPI ROBUSTA DI DESA CARANGWULUNG KECAMATAN WONOSALAM KABUPATEN JOMBANG, JAWA TIMUR. Undergraduate thesis, UPN "VETERAN' JAWA TIMUR.

[img]
Preview
Other (COVER)
Cover.PDF

Download (943kB) | Preview
[img]
Preview
Other (BAB 1)
1.PDF

Download (201kB) | Preview
[img] Other (BAB 2)
2.PDF
Restricted to Registered users only

Download (462kB)
[img] Other (BAB 3)
3.PDF
Restricted to Registered users only

Download (601kB)
[img] Other (BAB 4)
4.PDF
Restricted to Registered users only

Download (848kB)
[img]
Preview
Other (BAB 5)
5.PDF

Download (162kB) | Preview
[img]
Preview
Other (DAFTAR PUSTAKA)
Dapus.PDF

Download (293kB) | Preview
[img] Other (LAMPIRAN)
Lam.PDF
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Kopi robusta di Indonesia dalam lima tahun terakhir banyak ditanam di Provinsi Sumatra Selatan, Lampung, Bengkulu, Jawa Timur dan Jawa Tengah. Permasalahan pemasaran komoditas kopi robusta sangat beragam, hal tersebut dipicu oleh rendahnya harga di tingkat petani, kegiatan promosi yang masih terbatas dan kurangnya lembaga yang dapat membantu menangani masalah pemasaran. Adapun penelitian ini bertujuan untuk 1) Mengidentifikasi saluran pemasaran kopi biji kering (ose) robusta di Desa Carangwulung Kecamatan Wonosalam Kabupaten Jombang. 2) Menganalisis efisiensi pemasaran kopi robusta pada setiap pola saluran pemasaran di Desa Carangwulung Kecamatan Wonosalam Kabupaten Jombang. 3) Menganalisis nilai tambah kopi robusta pada petani dan usaha pengolahan kopi di Desa Carangwulung Kecamatan Wonosalam Kabupaten Jombang. Responden dalam penelitian ini terdiri dari 83 petani kopi robusta dan 16 lembaga pemasaran. Metode analisis menggunakan marjin pemasaran, analisis farmer’s share, share biaya share keuntungan, perhitungan efisiensi pemasaran dan hayami. Hasil penelitian menunjukkan terdapat enam pola saluran pemasaran. Efisiensi pemasaran dilihat dari Marjin Pemasaran dan Nilai Farmer Share’s saluran pemasaran VI (petani-tengkulak-kedai kopi/industri rumahan) adalah saluran yang memiliki marjin terkecil (paling efisien). Nilai Distribusi Marjin yang paling mendekati dengan kemerataan adalah saluran VI. Nilai rumus Efisiensi Pemasaran diketahui bahwa keenam saluran pemasaran merupakan tipe saluran yang sudah efisien, dengan urutan nilai saluran pemasaran V (0,79%), saluran pemasaran I (0,95%), saluran pemasaran VI (1,66%), saluran pemasaran III (3,32%), saluran pemasaran II (3,70%), saluran pemasaran IV (7,57%). Marjin yang diperoleh dari hasil analisis nilai tambah kopi ose sebesar Rp. 13.500,- dan kopi bubuk murni sebesar Rp. 198.000,- dari bahan bahan baku. Kata kunci : Robusta, Saluran Pemasaran, Nilai Tambah

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorMUBAROKAH, MUBAROKAHNIDN0714116201UNSPECIFIED
Thesis advisorWINARNO, SRI TJONDRONIDN0011025908UNSPECIFIED
Subjects: S Agriculture > S Agriculture (General)
Divisions: Faculty of Agriculture > Departement of Agribusiness
Depositing User: Lisa Nadya Irawan
Date Deposited: 30 Aug 2021 02:50
Last Modified: 30 Aug 2021 02:50
URI: http://repository.upnjatim.ac.id/id/eprint/2552

Actions (login required)

View Item View Item