STUDI PENGATURAN SIMPANG BERSINYAL DI JL. RAYA JEMURSARI – JL. AHMAD YANI YANG BERDEKATAN DENGAN KONDISI JALUR KERETA API DOUBLE TRACK

IMANA, RUSYDI FAZA (2021) STUDI PENGATURAN SIMPANG BERSINYAL DI JL. RAYA JEMURSARI – JL. AHMAD YANI YANG BERDEKATAN DENGAN KONDISI JALUR KERETA API DOUBLE TRACK. Undergraduate thesis, UPN "VETERAN' JAWA TIMUR.

[img]
Preview
Other (COVER)
Cover.PDF

Download (2MB) | Preview
[img]
Preview
Other (BAB 1)
1.PDF

Download (224kB) | Preview
[img] Other (BAB 2)
2.PDF
Restricted to Registered users only

Download (661kB)
[img] Other (BAB 3)
3.PDF
Restricted to Registered users only

Download (228kB)
[img] Other (BAB 4)
4.PDF
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img]
Preview
Other (BAB 5)
5.PDF

Download (203kB) | Preview
[img]
Preview
Other (DAFTAR PUSTAKA)
Dapus.PDF

Download (246kB) | Preview
[img] Other (LAMPIRAN)
Lam.PDF
Restricted to Registered users only

Download (19MB)

Abstract

Masalah-masalah lalu lintas sering terjadi di kota-kota besar, contohnya seperti kemacetan terhadap simpang bersinyal pada Jalan Raya Jemursari hingga Jalan Ahmad Yani merupakan contoh kemacetan yang tergolong cukup parah dalam arus lalu lintasnya. Seringkali pada saat penutupan palang kereta api terjadi kondisi arus lalu lintas yang cukup parah dan arus lalu lintas menjadi kacau. Penelitian ini bertujuan agar mengetahui nilai skr/jam, mengetahui tingkat pelayanan, mengetahui besar panjang antrian yang terjadi di setiap lengan pada jam sibuk dan kinerja simpang bersinyal pada simpang pertemuan Jalan Raya Jemursari dan Jalan Ahmad Yani, yang berdekatan dengan kondisi jalur kereta api double track. Metode serta tahapan dari penyelesaian tugas akhir ini adalah pengumpulan data primer dan data sekunder, data primer diperoleh dari survei lapangan sedangkan data sekunder diperoleh dari instansi pemerintah daerah setempat. Metode perhitungan yang digunakan yaitu Pedoman Kapasitas Jalan Indonesia (PKJI) tahun 2014. Penelitian ini dibuat dengan harapan dapat memberikan upaya kinerja simpang bersinyal yang lebih baik, dapat mengurangi tingkat intensitas kemacetan, meminimalisir tingkat kecelakaan akibat kendaraan bermotor, serta dapat menjadi pedoman kepada pemerintah setempat akan kondisi arus lalu lintas pada simpang bersinyal Jalan Jemursari hingga Ahmad Yani dengan asumsi kondisi jalur kereta api double track. Hasil perhitungan kinerja simpang bersinyal pada kondisi eksisting diperoleh nilai derajat kejenuhan DS = 0,89 dengan besar nilai kinerja arus lalu lintas simpang bersinyal 44,11 det/skr dan tingkat pelayanan atau level of service (LOS) E. Perkiraan pada kondisi umur rencana diperoleh nilai derajat kejenuhan DS = 0,86 dengan besar nilai kinerja arus lalu lintas simpang bersinyal 47,76 det/skr dan tingkat pelayanan atau level of service (LOS) E. Durasi penutupan perlintasan kereta api pada kondisi eksisting diperoleh waktu kritis pada jam puncak pagi sebesar 15 menit, pada jam puncak sore sebesar 6 menit. Perkiraan durasi penutupan perlintasan kereta api pada kondisi umur rencana diperoleh waktu kritis pada jam puncak pagi sebesar 15 menit, pada jam puncak sore sebesar 7 menit. Kata kunci: simpang bersinyal, PKJI, kemacetan, lalu lintas, kereta api, penutupan palang

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorUTOMO, NUGROHONIDN0717017501UNSPECIFIED
Subjects: T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
Divisions: Faculty of Engineering > Departement of Civil Engineering
Depositing User: Lisa Nadya Irawan
Date Deposited: 24 Aug 2021 04:07
Last Modified: 24 Aug 2021 04:07
URI: http://repository.upnjatim.ac.id/id/eprint/2496

Actions (login required)

View Item View Item