ANALISIS KEPUASAN PENUMPANG TERHADAP ASPEK PELAYANAN DAN ASPEK ERGONOMIS PADA BUS AKAS EKONOMI RUTE TERMINAL TRUNOJOYO SAMPANGTERMINAL PURABAYA

Utami, Nevia Rizkyning (2021) ANALISIS KEPUASAN PENUMPANG TERHADAP ASPEK PELAYANAN DAN ASPEK ERGONOMIS PADA BUS AKAS EKONOMI RUTE TERMINAL TRUNOJOYO SAMPANGTERMINAL PURABAYA. Undergraduate thesis, UPN "VETERAN' JAWA TIMUR.

[img]
Preview
Other (COVER)
Cover.PDF

Download (2MB) | Preview
[img]
Preview
Other (BAB 1)
1.PDF

Download (185kB) | Preview
[img] Other (BAB 2)
2.PDF
Restricted to Registered users only

Download (316kB)
[img] Other (BAB 3)
3.PDF
Restricted to Registered users only

Download (193kB)
[img] Other (BAB 4)
4.PDF
Restricted to Registered users only

Download (426kB)
[img]
Preview
Other (BAB 5)
5.PDF

Download (152kB) | Preview
[img]
Preview
Other (DAFTAR PUSTAKA)
Dapus.PDF

Download (128kB) | Preview
[img] Other (LAMPIRAN)
Lam.PDF
Restricted to Registered users only

Download (631kB)

Abstract

Pertambahan penduduk yang sangat pesat disuatu wilayah akan berpengaruh pada aktivitas pergerakan dan perekonomian masyarakat, dengan demikian kebutuhan akan penyediaan sarana transportasi semakin meningkat. Salah satu sarana transportasi yang dapat mengangkut banyak orang adalah bus. PO AKAS merupakan perusahaan otobus yang melayani berbagai perjalanan antar kota, salah satunya Terminal Trunojoyo Sampang-Terminal Purabaya. Bus AKAS rute Terminal Trunojoyo Sampang-Terminal Purabaya hanya memiliki dua tipe, yaitu patas dan ekonomi. Bus ekonomi memiliki tingkat kenyamanan yang lebih rendah dari patas, dengan tempat duduk yang tidak nyaman dan pelayanan lainnya yang kurang memberikan nilai lebih. Dalam Tugas Akhir ini penulis akan menganalisis kepuasan penumpang terhadap bus AKAS ekonomi rute Terminal Trunojoyo Sampang-Terminal Purabaya, dimulai dari aspek pelayanan dan aspek ergonomis dengan menggunakan metode Importance Performance Analysis (IPA) dan Customer Satisfaction Index (CSI). Menganalisis aspek ergonomis harus sesuai dengan Departemen Perhubungan Direktorat Jenderal Perhubungan Darat Tahun 2003. Dari hasil survei dan perhitungan dengan menggunakan metode Importance Performance Analysis (IPA), maka diperoleh bahwa tingkat kesesuaian antara kinerja dengan kepentingan berada dalam 4 kuadran. Faktor pelayanan yang sangat mempengaruhi kepuasan penumpang terdapat pada kuadran I yaitu pembatasan jumlah penumpang dalam satu bus sebesar 56,46%, kebersihan di dalam bus sebesar 64,22% dan sirkulasi udara di dalam bus sebesar 65,25%. Berdasarkan metode Customer Satisfaction Index (CSI), besar tingkat kepuasan penumpang diperoleh nilai sebesar 61,88% dan terletak pada interval 51%-65% yang menunjukkan penumpang cukup puas terhadap kinerja bus AKAS ekonomi. Sedangkan tarif pokok ideal yang dikeluarkan untuk transportasi bus AKAS ekonomi rute Terminal Trunojoyo Sampang-Terminal Purabaya sebesar Rp.19.100 /pnp. Kata kunci: pelayanan bus, ergonomis, kepuasan penumpang, transportasi, terminal bus, Importance Performance Analysis (IPA)

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorUTOMO, NUGROHONIDN0717017501UNSPECIFIED
Thesis advisorWIBISANA, HENDRATANIDN0708126501UNSPECIFIED
Subjects: T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
Divisions: Faculty of Engineering > Departement of Civil Engineering
Depositing User: Lisa Nadya Irawan
Date Deposited: 24 Aug 2021 03:37
Last Modified: 24 Aug 2021 03:37
URI: http://repository.upnjatim.ac.id/id/eprint/2493

Actions (login required)

View Item View Item