OTOMATISASI PEMBERIAN MAKANAN KUCING JARAK JAUH BERBASIS INTERNET OF THINGS MENGGUNAKAN PROTOKOL WEBSOCKET MIKROKONTROLER ESP32

MUMTAZ, AHMAD NAUFAL (2021) OTOMATISASI PEMBERIAN MAKANAN KUCING JARAK JAUH BERBASIS INTERNET OF THINGS MENGGUNAKAN PROTOKOL WEBSOCKET MIKROKONTROLER ESP32. Undergraduate thesis, UPN "VETERAN' JAWA TIMUR.

[img]
Preview
Text (COVER)
Cover.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB 1)
1.pdf

Download (151kB) | Preview
[img] Text (BAB 2)
2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (780kB)
[img] Text (BAB 3)
3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)
[img] Text (BAB 4)
4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img]
Preview
Text (BAB 5)
5.pdf

Download (11kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR PUSTAKA)
Dapus.pdf

Download (153kB) | Preview

Abstract

Secara umum hal yang paling diperhatikan dalam memelihara hewan peliharaan adalah pembagian makanan yang harus diberikan secara teratur supaya hewan peliharaan yang kita miliki tidak mengalami kekurangan gizi. Namun pada kondisi sekarang ini banyak para pemelihara hewan yang sibuk bekerja namun lupa untuk memberikan makanan pada hewan peliharaannya, dan dapat menyebabkan kematian pada hewan peliharaannya. Maka dari itu ada urgensi untuk pembuatan alat yang memanfaatkan teknologi IoT (Internet Of Things) dan robotika dapat memberi makanan terhadap hewan pemeliharaan yang menerima perintah dari jarak jauh untuk bergerak secara otomatis memberikan makanan ke wadah. Dengan menggabungkan Aplikasi Mobile (Smartphone) menggunakan ReactNative.JS, Webserver menggunakan Laravel, dan Mikrokontroler NodeMCU ESP32. Mekanisme yang digunakan sebagai perintah jarak jauh adalah Protokol Websocket dan RestAPI dengan mikrokontroler NodeMCU ESP32 yang berisikan prototype sistem IoT menggunakan jaringan nirkabel (WiFi) yang menghubungkan node node dimana setiap node berisikan sensor atau aktuator yang dikendalikan oleh mikrokontroler. Pembuatan alat otomatisasi pemberian makanan kucing jarak jauh berbasis Internet Of Things memakan banyak waktu dikarenakan penelitian ini menggunakan tiga program yaitu sistem mikrokontroler, webserver dan aplikasi mobile. Alat ini memudahkan dalam pengontrolan dan pemantauan, dikarenakan dalam hal tersebut sudah dilakukan secara realtime dan otomatis yang sudah diintegrasikan dengan aplikasi yang telah dibuat dan dapat digunakan pada smartphone. Sistem dari aplikasi mobile yang dibuat dapat melakukan proses pemantauan dan pengendalian alat telah terhubung dan terkonfigurasi melalui jaringan internet, sehingga fungsi internet di sini menjadi faktor penting dalam penghubung antara ketiga interaksi untuk melakukan proses tersebut. Perancangan Aplikasi mendukung jalannya alat otomatisasi dengan menggunakan bahasa pemrograman JavaScript dan beberapa library dari ReactNativeJS. Hasil

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorRAHMAT, BASUKINIDN0023076907UNSPECIFIED
Thesis advisorNUGROHO, BUDINIDN0707098003UNSPECIFIED
Subjects: T Technology > TK Electrical engineering. Electronics Nuclear engineering > TK5105 Computer Network
Divisions: Faculty of Computer Science > Departemen of Informatics
Depositing User: Lisa Nadya Irawan
Date Deposited: 19 Aug 2021 02:24
Last Modified: 19 Aug 2021 02:24
URI: http://repository.upnjatim.ac.id/id/eprint/2443

Actions (login required)

View Item View Item