GASTRODIPLOMASI TAIWAN MELALUI PEMBUKAAN GERAI-GERAI BUBBLE TEA DI INDONESIA

YULLIANA, ENGGA AYU (2021) GASTRODIPLOMASI TAIWAN MELALUI PEMBUKAAN GERAI-GERAI BUBBLE TEA DI INDONESIA. Other thesis, UPN Veteran Jawa Timur.

[img]
Preview
Text
cover.pdf

Download (910kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab i.pdf

Download (725kB) | Preview
[img] Text
bab ii.pdf
Restricted to Registered users only

Download (594kB)
[img] Text
bab iii.pdf
Restricted to Registered users only

Download (548kB)
[img]
Preview
Text
bab iv.pdf

Download (457kB) | Preview
[img]
Preview
Text
dapus.pdf

Download (456kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Taiwan terkenal dengan banyaknya kuliner, terutama Bubble tea. Dimulai dari sejumlah besar kulinernya untuk tujuan global, Taiwan tertarik untuk menggunakan Bubble tea yang mulai muncul pada tahun 2003-2019 guna mempromosikan nation branding. Pilihan Taiwan bukan tanpa pertimbangan, Taiwan lebih terisolasi secara diplomatis; oleh karena itu, penggunaan diplomasi publik adalah satu-satunya cara untuk mempertahankan persepsi positif orang asing tentang negara tersebut. Diplomasi melalui kuliner dikenal sebagai gastro-diplomacy. Taiwan berpotensi menciptakan posisinya sendiri di mata dunia dengan kapasitasnya untuk menggunakan Bubble tea sebagai alat diplomasi soft power. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana Taiwan melakukan gastrodiplomasi untuk mengembangkan nation brandingnya melalui pembukaan gerai- gerai bubble tea di Indonesia. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif dengan pendekatan deskriptif-analitis untuk menggambarkan dan menganalisis studi kasus Diplomasi Taiwan melalui Bubble tea. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa salah satu upaya diplomasi publik Gastro-diplomasi yang dilakukan oleh Taiwan berhasil mempromosikan nation brandingnya, terbukti dengan banyaknya investasi di waralaba Bubble tea di Indonesia. Kata kunci : Diplomasi Publik, Gastrodiplomasi, Nation Branding

Item Type: Thesis (Other)
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDKEmail
UNSPECIFIEDUtomo, Ario BimoNIDN0003089301UNSPECIFIED
Subjects: H Social Sciences > HF Commerce > HF5001 Business. Business Administration
Divisions: Faculty of Social and Political Sciences > Departement of International Relations
Depositing User: Amalia Hani
Date Deposited: 18 Aug 2021 03:56
Last Modified: 18 Aug 2021 03:57
URI: http://repository.upnjatim.ac.id/id/eprint/2425

Actions (login required)

View Item View Item