PERENCANAAN ULANG JALAN TAMBAK OSOWILANGUN KM 8+150 – KM 13+200 DENGAN MENGGUNAKAN PERKERASAN KAKU JENIS BETON DENGAN TULANGAN MENERUS ATAU CONTINUOUS REINFORCED CONCRETE PAVEMENT (CRCP)

JAYANTI, KIKI RACHMA DWI (2021) PERENCANAAN ULANG JALAN TAMBAK OSOWILANGUN KM 8+150 – KM 13+200 DENGAN MENGGUNAKAN PERKERASAN KAKU JENIS BETON DENGAN TULANGAN MENERUS ATAU CONTINUOUS REINFORCED CONCRETE PAVEMENT (CRCP). Undergraduate thesis, UPN "VETERAN' JAWA TIMUR.

[img]
Preview
Other (COVER)
COVER.PDF

Download (1MB) | Preview
[img] Other (BAB 1)
1.PDF
Restricted to Registered users only

Download (65kB)
[img] Other (BAB 2)
2.PDF
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Other (BAB 3)
3.PDF
Restricted to Registered users only

Download (22kB)
[img] Other (DAFTAR 4)
4.PDF
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img]
Preview
Other (BAB 5)
5.PDF

Download (235kB) | Preview
[img]
Preview
Other (DAFTAR PUSTAKA)
Dapus.PDF

Download (135kB) | Preview

Abstract

Jalan Raya Tambak Osowilangun merupakan jalan nasional yang menghubungkan antara Surabaya dan Gresik, jalan Tambak Osowilangun juga merupakan daerah tempat pergudangan peti kemas dan kawasan industri. Beban kendaraan dan volume yang sangat besar membuat perkerasan yang berada pada jalan tersebut mudah sekali rusak sehingga memerlukan perbaikan. Jenis perkerasan yang saat ini digunakan pada jalan tersebut adalah perkerasan kaku bersambung dengan tulangan, perkerasan tersebut dirasa kurang efektif untuk jalan raya dengan volume dan beban kendaraan yang besar karena seringnya terdapat keretakan antar sambungannya. Oleh karena itu penelitian ini bertujuan untuk merencanakan jenis perkerasan kaku yang dapat lebih kuat menahan beban pada jalan yang memiliki volume padat dan dilewati kendaraan berat seperti truck dan trailer. Pada penelitian ini penulis menggunakan perencanaan perkerasan kaku menerus dengan tulangan atau Continuous Reinforced Concrete Pavement (CRCP). Metode yang digunakan adalah metode Bina Marga 2017. Hasil dari penelitian ini didapatkan tebal untuk perkerasan kaku sebesar 305 mm. Perencanaan tulangan didapatkan hasil untuk tulangan memanjang ø16-200 sedangkan tulangan melintang ø12-200. Jalan Tambak Osowilangun merupakan jalan dengan medan datar dan didominasi arah jalan lurus, sehingga pada saat merencanakan geometri didapatkan hasil untuk horizontal menggunakan spiral-circle-spiral sedangkan untuk alinyemen vertikal yang dapat mencukupi keamanan dan kenyamanan saat berkendara. Saluran drainase pada tepi jalan menggunakan material beton dengan bentuk segiempat yang memiliki dimensi lebar 0,5 m dan tinggi 0,5 m. Kata Kunci: perkerasan kaku menerus, CRCP, Osowilangun.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorSHOLICHIN, IBNUNIDN0718097102UNSPECIFIED
Subjects: T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
Divisions: Faculty of Engineering > Departement of Civil Engineering
Depositing User: Lisa Nadya Irawan
Date Deposited: 02 Aug 2021 04:00
Last Modified: 02 Aug 2021 04:00
URI: http://repository.upnjatim.ac.id/id/eprint/2368

Actions (login required)

View Item View Item