PEMANFAATAN MEDIA SOSIAL SEBAGAI MEDIA KOMUNIKASI BENCANA (Studi Deskriptif Kualitatif Pemanfaatan Fitur Facebook sebagai Media Komunikasi Bencana di Kota Palu)

CAHYANI, DINDA AYU (2019) PEMANFAATAN MEDIA SOSIAL SEBAGAI MEDIA KOMUNIKASI BENCANA (Studi Deskriptif Kualitatif Pemanfaatan Fitur Facebook sebagai Media Komunikasi Bencana di Kota Palu). Undergraduate thesis, UPN "VETERAN' JAWA TIMUR.

[img]
Preview
Text (COVER)
ilovepdf_merged.pdf

Download (568kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB 1)
BAB I.pdf

Download (758kB) | Preview
[img] Text (BAB 2)
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (447kB)
[img] Text (BAB 3)
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (269kB)
[img] Text (BAB 4)
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (891kB)
[img]
Preview
Text (BAB 5)
BAB V-1-3.pdf

Download (49kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR PUSTAKA)
BAB V-4-7.pdf

Download (58kB) | Preview
[img] Text (LAMPIRAN)
BAB V-8-39.pdf
Restricted to Registered users only

Download (208kB)

Abstract

Fokus dari penelitian ini adalah mengenai bagaimana Facebook melalui fitur-fiturnya dimanfaatkan sebagai media komunikasi bencana di Kota Palu. Dalam melakukan komunikasi bencana, diperlukan alat komunikasi yang dapat mendukung terjadinya komunikasi yang efektif. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan metode wawancara dengan informan yang telah ditentukan dengan metode purposive sampling dan dokumentasi hasil pengamatan penggunaan fitur Facebook pada bencana di Kota Palu. Teori yang digunakan adalah CMC (Computer Mediated Communication) yaitu teori dimana program-program suatu aplikasi dapat menghubungkan dua orang atau lebih dengan suatu jaringan komputer atau format komputer di tempat berbeda. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Facebook mengalami perkembangan dari yang semula hanya digunakan sebagai media untuk terhubung dengan orang-orang, menjadi media yang digunakan sebagai sumber komunikasi dan informasi, media jual beli, hingga media komunikasi bencana yang dibahas pada penelitian ini. Facebook juga terbukti sebagai media yang efektif dan relevan sebagai media komunikasi bencana karena fiturnya yang lengkap dan jumlah pengguna yang banyak. Beberapa fitur Facebook yang digunakan untuk komunikasi bencana yaitu, Pages, Groups, News Feed, Live, Events, Hashtags, Facebook Messengers, dan Crisis Response. Fitur-fitur tersebut digunakan sebagai media informasi mitigasi bencana, perkembangan bencana, informasi bantuan logistic, informasi orang hilang atau korban hingga trauma healing. Kata Kunci : Media Sosial, Facebook, Komunikasi Bencana

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorTUTIASRI, RIRIN PUSPITANIDN0011048901UNSPECIFIED
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Faculty of Social and Political Sciences > Departement of Communication
Depositing User: Lisa Nadya Irawan
Date Deposited: 15 Jul 2021 02:35
Last Modified: 15 Jul 2021 02:35
URI: http://repository.upnjatim.ac.id/id/eprint/2290

Actions (login required)

View Item View Item