STRATEGI ALIBABA GROUP LTD DALAM PERSAINGAN PASAR ECOMMERCE GLOBAL (1999-2014)

JANIASTI, ANGGI YALAS (2019) STRATEGI ALIBABA GROUP LTD DALAM PERSAINGAN PASAR ECOMMERCE GLOBAL (1999-2014). Undergraduate thesis, UPN "VETERAN' JAWA TIMUR.

[img]
Preview
Text (COVER)
skripsi full Anggi Yalas-1-14.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB 1)
skripsi full Anggi Yalas-15-41.pdf

Download (447kB) | Preview
[img] Text (BAB 2)
skripsi full Anggi Yalas-42-90.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (7MB)
[img] Text (BAB 3)
skripsi full Anggi Yalas-91-107.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (397kB)
[img] Text (BAB 4)
skripsi full Anggi Yalas-108-132.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img]
Preview
Text (BAB 5)
skripsi full Anggi Yalas-133-136.pdf

Download (119kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR PUSTAKA)
skripsi full Anggi Yalas-137-144.pdf

Download (143kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini membahas mengenai strategi perusahaan multinasional Alibaba Group Ltd. Sebagai perusahaan yang bergerak dalam bidang e-commerce, Alibaba bukan satu-satunya perusahaan berbasis e-commerce. Alibaba adalah perusahaan yang didirikan tahun 1999, di Hangzhou, Cina, tumbuh dalam lingkungan atau era kapitalisme informasi. Untuk wilayah domestik, Alibaba memiliki dua kompetitor yaitu JD.com dan Made-in-China.com, dua perusahaan e-commerce dengan model bisnis berbeda dan sudah lebih dahulu menunjukkan eksistensinya sebelum perusahaan Alibaba didirikan. Sedangkan untuk ranah global, kompetitor atau perusahaan e-commerce yang sudah terlebih dahulu didirikan adalah Amazon.com, yang didirikan tahun 1996. Pada tahun 2014, Alibaba Group berpartisipasi dalam pasar saham di New York, sekaligus menjadi perusahaan asal Cina pertama yang berhasil masuk dalam kompetisi pasar e-commerce global. Hal ini menarik untuk menjadi objek penelitian, mengenai upaya yang dilakukan oleh Alibaba Group untuk dapat berkompetisi dalam pasar e-commerce global. Penelitian ini menggunakan pendekatan strategi korporasi, konsep e-procurement, serta konsep ekosistem bisnis. Dan hasil dari penelitian menunjukkan, bahwa Alibaba Group memanfaatkan global networking dalam aktivitas bisnis internasional sekaligus meningkatkan profitabilitas perusahaan melalui produk marketplace dan produk e-commerce yang dimiliki, serta diferensiasi model bisnis yang menunjang kinerja dari global networking dan perluasan target pasar, serta manajemen sistem operasional perusahaan yang baik melalui acuan ekosistem bisnis. Kata kunci: Perusahaan multinasional, E-Commerce, Marketplace, Model Bisnis, Kompetisi Pasar, Strategi Bisnis, Bisnis Internasional

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorRASYIDAH, RESANIDN 0731108602UNSPECIFIED
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Faculty of Social and Political Sciences > Departement of International Relations
Depositing User: Lisa Nadya Irawan
Date Deposited: 12 Jul 2021 03:04
Last Modified: 12 Jul 2021 03:04
URI: http://repository.upnjatim.ac.id/id/eprint/2267

Actions (login required)

View Item View Item