REPRESENTASI REBRANDING JOKOWI ( Studi Semiotika Terhadap Representasi Rebranding Jokowi Dalam Cover Majalah TEMPO Edisi 6 - 12 Agustus 2018 )

RAHMAN, RIFQI TAUFIQUR (2019) REPRESENTASI REBRANDING JOKOWI ( Studi Semiotika Terhadap Representasi Rebranding Jokowi Dalam Cover Majalah TEMPO Edisi 6 - 12 Agustus 2018 ). Undergraduate thesis, UPN "VETERAN' JAWA TIMUR.

[img]
Preview
Text (COVER)
RIFQI TAUFIQUR-1-12.pdf

Download (413kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB 1)
RIFQI TAUFIQUR-13-22.pdf

Download (64kB) | Preview
[img] Text (BAB 2)
RIFQI TAUFIQUR-23-61.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (155kB)
[img] Text (BAB 3)
RIFQI TAUFIQUR-62-69.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (110kB)
[img] Text (BAB 4)
RIFQI TAUFIQUR-70-99.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (292kB)
[img]
Preview
Text (BAB 5)
RIFQI TAUFIQUR-100-102.pdf

Download (47kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR PUSTAKA)
RIFQI TAUFIQUR-103-107.pdf

Download (152kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini di lakukan untuk mengetahui Representasi rebranding Jokowi dalam cover Majalah Tempo edisi 6-12 Agustus 2019. Sampul merupakan sebagai cuplikan rubik terhangat yang diangkat pada edisi majalah. Setiap isu isu yang beredar di masyrakat, Tempo sering kali mengangkat isu tersebut menjadi karikatur pada sampul. Pada saat ini majalah Tempo mengangkat isu tentang pemilihan pasangan calon wakil presiden pendamping Jokowi yang memiliki dampak besar dan menimbulkan kontrovesi. Metode Penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif dengan menggunakan pendekatan semiotik analisis Charles Sanders Pierce. Data yang di dapatkan adalah ilustrasi sampl majalah Tempo edisi 6-12 Agustus 2018 serta observasi dari berbagai media massa.Setelah melakukan observasi dan pengamatan maka hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa Jokowi merasa aman berada di posisi saat ini. Jokowi merasa aman di karena bisa melawan kampanye hitam yang mengenai dirinya. Dengan menggandeng Ulama (Tokoh Umat Muslim) memiliki sebuah tujuan untuk mengantisipasi adanya ujaran kebencian dan kampanye hitam yang berlandaskan agama. Dan berupaya membangun citra positif kembali yang telah mengenainya yang di katakan sebagai anti islam dan diskriminasi ulama menjadi pro umat muslim dan pro ulama. Kata kunci : Teori Semiotika Charles Sanders Peirce, Karikatur, Jokowi , Umat muslim.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorSumardjijati, SumardjijatiNIDN0023036216UNSPECIFIED
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
P Language and Literature > P Philology. Linguistics > P99 Semiotics. Signs and Symbols
Divisions: Faculty of Social and Political Sciences > Departement of Communication
Depositing User: Lisa Nadya Irawan
Date Deposited: 09 Jul 2021 02:27
Last Modified: 09 Jul 2021 07:52
URI: http://repository.upnjatim.ac.id/id/eprint/2264

Actions (login required)

View Item View Item