PENGARUH KECERDASAN INTELEKTUAL, KECERDASAN EMOSIONAL, DAN PERILAKU BELAJAR TERHADAP TINGKAT PEMAHAMAN AKUNTANSI (Studi Empiris Pada Mahasiswa Program Studi S-1 Akuntansi Angkatan 2019 UPN “Veteran” Jawa Timur)

Sudira, Hanif Respati (2023) PENGARUH KECERDASAN INTELEKTUAL, KECERDASAN EMOSIONAL, DAN PERILAKU BELAJAR TERHADAP TINGKAT PEMAHAMAN AKUNTANSI (Studi Empiris Pada Mahasiswa Program Studi S-1 Akuntansi Angkatan 2019 UPN “Veteran” Jawa Timur). Undergraduate thesis, UPN VETERAN JAWA TIMUR.

[img]
Preview
Text (Cover)
Cover.pdf

Download (876kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Bab 1)
Bab 1.pdf

Download (105kB) | Preview
[img] Text (Bab 2)
Bab 2.pdf
Restricted to Registered users only until 6 June 2025.

Download (164kB)
[img] Text (Bab 3)
Bab 3.pdf
Restricted to Registered users only until 6 June 2025.

Download (201kB)
[img] Text (Bab 4)
Bab 4.pdf
Restricted to Registered users only until 6 June 2025.

Download (572kB)
[img] Text (Bab 5)
Bab 5.pdf
Restricted to Registered users only until 6 June 2025.

Download (31kB)
[img]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf

Download (95kB) | Preview
[img] Text (Lampiran)
Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only until 6 June 2025.

Download (1MB)

Abstract

Pendidikan akuntansi membekali mahasiswa dengan pengetahuan ilmu-ilmu yang sesuai dengan bidang studinya. Tingkat pemahaman Akuntansi dapat dilihat dari teori dan praktik terkait akuntansi yang diperoleh mahasiswa. Tingkat pemahaman setiap mahasiswa tentang akuntansi berbeda-beda. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh kecerdasan intelektual, kecerdasan emosional, dan perilaku belajar terhadap tingkat pemahaman akuntansi. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Populasi pada penelitian ini adalah mahasiswa akuntansi, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Pembangunan Nasional Veteran Jawa Timur. Teknik pengambilan sampel pada penelitian ini menggunakan probability sampling dengan teknik simple random sampling. Sampel untuk penelitian ini ditentukan menggunakan rumus slovin dengan presentase kelonggaran ketidaktelitian 10% sebanyak 72 responden. Jenis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data primer dari penyebaran kuesioner kepada responden. Teknik analisis yang digunakan adalah Partial Least Square (PLS). Implikasi dalam penelitian ini adalah mahasiswa yang memiliki kecerdasan intelektual tinggi belum tentu mampu untuk mengimplementasikannya, Mahasiswa harus meningkatkan kecerdasan emosional dengan memahami berbagai perasaan atau keadaan yang sedang terjadi, dan juga mahasiswa lebih mampu untuk membiasakan suatu kegiatan yang dimana dapat menyesuaikan keinginan dan kebutuhan, serta dapat lebih memfokuskan atas suatu hal yang sedang terjadi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kecerdasan emosional memiliki pengaruh terhadap tingkat pemahaman akuntansi, sedangkan kecerdasan intelektual dan perilaku belajar tidak memiliki pengaruh terhadap tingkat pemahaman akuntansi.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorRatnawati, DyahNIDN0013026704UNSPECIFIED
Subjects: H Social Sciences > HC Economics
Divisions: Faculty of Economic > Departement of Accounting
Depositing User: Hanif Respati Sudira
Date Deposited: 09 Jun 2023 03:39
Last Modified: 09 Jun 2023 03:39
URI: http://repository.upnjatim.ac.id/id/eprint/14556

Actions (login required)

View Item View Item