DIVERSIFIKASI KONSUMSI PANGAN POKOK BERBASIS POTENSI LOKAL (STUDI KASUS RUMAH TANGGA TANI DI DESA BOBOL KECAMATAN SEKAR KABUPATEN BOJONEGORO)

ELICIA, MUSTIKA RAHMAWATI (2023) DIVERSIFIKASI KONSUMSI PANGAN POKOK BERBASIS POTENSI LOKAL (STUDI KASUS RUMAH TANGGA TANI DI DESA BOBOL KECAMATAN SEKAR KABUPATEN BOJONEGORO). Masters thesis, Universitas Pembangunan Nasional "Veteran" Jawa Timur.

[img]
Preview
Text (COVER)
1. COVER.pdf

Download (671kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
2. BAB I.pdf

Download (485kB) | Preview
[img] Text (BAB II - BAB IV)
3. BAB II - BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only until 31 December 2024.

Download (1MB)
[img]
Preview
Text (BAB V)
4. BAB V.pdf

Download (286kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR PUSTAKA)
5. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (303kB) | Preview
[img] Text (LAMPIRAN)
6. LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only until 31 December 2024.

Download (1MB)

Abstract

Masyarakat pada umumnya mempunyai ketergantungan yang kuat terhadap beras sebagai sumber karbohidrat. Upaya untuk mengurangi ketergantungan tersebut yaitu melalui diversifikasi konsumsi pangan dengan menggali potensi lokal yang berbasis non beras. Diversifikasi dalam penelitian ini fokus pada konsumsi pangan pokok yang berbasis potensi lokal, yaitu penganekaragaman yang berkaitan dengan pola konsumsi masyarakat dalam mencukupi kebutuhan pangan yang beragam, bergizi dan seimbang. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi kondisi dan perilaku diversifikasi pangan pokok rumah tangga tani, menganalisis faktor yang mempengaruhi diversifikasi konsumsi pangan serta menganalisis upaya dan tindakan yang seharusnya dilakukan oleh pemerintah, rumah tangga tani dan masyarakat untuk menyukseskan program diversifikasi konsumsi pangan di Desa Bobol Kecamatan Sekar Kabupaten Bojonegoro. Penentuan responden dengan purposive sampling dengan responden sebanyak 96 rumah tangga. Analisis yang digunakan adalah analisis deskriptif kualitatif dan skoring dengan skala likert dengan teknik analisis Partial Least Square (PLS). Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada 3 jenis pangan pokok yang dikonsumsi masyarakat Desa Bobol Kecamatan Sekar yaitu beras, ketela pohon dan jagung dengan pola konsumsi yang berbeda-beda. Selain itu diperoleh hasil penelitian bahwa faktor yang mempengaruhi diversifikasi konsumsi pangan yaitu ketersediaan pangan, pendapatan, harga bahan pangan dan potensi kearifan lokal. Upaya untuk menyukseskan program diversifikasi konsumsi pangan yaitu dengan memperhatikan keseimbangan lingkungan, meningkatkan keterampilan dan kapasitas sumber daya manusia serta memberdayakan masyarakat untuk mengembangkan dan memantau pelaksanaan kebijakan program diversifikasi konsumsi pangan terkait ketahanan pangan.

Item Type: Thesis (Masters)
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorSYARIF, IMAM HIDAYATNIDN0718026301UNSPECIFIED
Thesis advisorINDRA, TJAHAJA AMIRNIDN0018115810UNSPECIFIED
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Faculty of Agriculture > Magister Agribusiness
Depositing User: ELICIA MUSTIKA RAHMAWATI
Date Deposited: 05 Jun 2023 10:15
Last Modified: 05 Jun 2023 10:15
URI: http://repository.upnjatim.ac.id/id/eprint/14544

Actions (login required)

View Item View Item