IMPLEMENTASI PENDIDIKAN INKLUSIF DI SEKOLAH MENENGAH PERTAMA NEGERI 29 KOTA SURABAYA

AULIDIYAH, SITI ROCHMINI RAAFI (2020) IMPLEMENTASI PENDIDIKAN INKLUSIF DI SEKOLAH MENENGAH PERTAMA NEGERI 29 KOTA SURABAYA. Other thesis, UPN "VETERAN" JATIM.

[img]
Preview
Text (Cover)
Cover.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text (Bab I)
Bab 1.pdf

Download (154kB) | Preview
[img] Text (Bab II)
Bab 2.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (544kB)
[img] Text (Bab III)
Bab 3.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (165kB)
[img] Text (Bab IV)
Bab 4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (687kB)
[img]
Preview
Text (Bab V)
Bab 5.pdf

Download (29kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Dapus)
Dapus.pdf

Download (147kB) | Preview

Abstract

Pelayanan pendidikan merupakan hak seluruh warga negara termasuk bagi anak berkebutuhan khusus (ABK) yang memerlukan perhatian khusus dalam memperoleh keadilan dan kesetaraan pendidikan seperti anak normal pada umumnya. Oleh karena itu dibuatlah sebuah kebijakan publik yang disebut sebagai Pendidikan Inklusif. Adapun penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mendeskripsikan Implementasi Pendidikan Inklusif di Sekolah Menengah Pertama Negeri 29 Kota Surabaya. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini yaitu pendekatan kualitatif dengan fokus penelitian berdasarkan pada teori implementasi yang dikemukakan oleh George C. Edward III. Jenis dan sumber data dalam penelitian ini merupakan data primer dan data sekunder. Kemudian teknik pengumpulan data diperoleh melalui wawancara, observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian yang diperoleh yaitu: (1) Komunikasi dalam penyelenggaraan pendidikan inklusif di SMP Negeri 29 Surabaya sudah terimplementasikan namun belum optimal karena masih terjadi inkonsistensi (2) Faktor sumberdaya belum optimal karena belum adanya peraturan perundangan tingkat daerah kota yang secara khusus membahas tentang penyelenggaraan pendidikan inklusif, serta masih kurangnya ketersediaan Guru Pendamping Khusus dan fasilitas penunjang bagi siswa inklusif. (3) Masih terdapat guru yang belum bisa beradaptasi dengan keberadaan siswa inklusif belajar didalam kelas. (4) Belum tersedianya struktur organisasi bagi tim pengembang penyelenggara sekolah inklusif di SMP Negeri 29 Surabaya. Kata kunci: Implementasi, Pendidikan Inklusif

Item Type: Thesis (Other)
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorTUKIMAN, TUKIMANNIDN0023036112UNSPECIFIED
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
J Political Science > JF Political institutions (General) > JF1501-1521 Civil service
Divisions: Faculty of Social and Political Sciences > Departement of Public Administration
Depositing User: Budiyono Budiyono
Date Deposited: 01 Mar 2021 04:27
Last Modified: 01 Mar 2021 04:27
URI: http://repository.upnjatim.ac.id/id/eprint/1443

Actions (login required)

View Item View Item