IMPLEMENTASI PENDIDIKAN INKLUSIF DI SEKOLAH DASAR KLAMPIS NGASEM I KOTA SURABAYA

SALAM, AHMAD RUSDIANSYAH (2020) IMPLEMENTASI PENDIDIKAN INKLUSIF DI SEKOLAH DASAR KLAMPIS NGASEM I KOTA SURABAYA. Other thesis, UPN "VETERAN" JATIM.

[img]
Preview
Text (Cover)
Cover.pdf

Download (2MB) | Preview
[img]
Preview
Text (Bab I)
Bab I.pdf

Download (606kB) | Preview
[img] Text (Bab II)
Bab II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (485kB)
[img] Text (Bab III)
Bab III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (30kB)
[img] Text (Bab IV)
Bab IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (455kB)
[img]
Preview
Text (Bab V)
Bab V.pdf

Download (210kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Dapus)
Daftar Pustaka.pdf

Download (119kB) | Preview

Abstract

Berdasarkan Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 8 tahun 2016 tentang penyandang disabilitas memiliki hak yang sama dalam hal pendidikan.Pendidikan inklusif bertujuan untuk memberikan kesempatan yang seluas-luasnya dan mewujudkan penyelenggaran pendidikan yang menghargai anak bekebutuhan khusus dan tidak diskriminatif kepada semua peserta didik yang memiliki kelainan (fisik, emosional, mental, sosial) atau memiliki potensi kecerdasan (bakat istimewa) untuk memperoleh pendidikan yang bermutu sesuai kebutuhan dan kemampuannya. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini yaitu pendekatan kualitatif dengan fokus penelitian berdasarkan pada Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan No. 70 Tahun 2009 tentang pemberian kesempatan atau peluang khusus untuk memperoleh pendidikan di sekolah reguker (Sekolah Dasar, Sekolah Menengah Pertama, Sekolah Menengah Atas/Kejuruan. Jenis dan sumber data dalam penelitian ini merupakan data primer dan data sekunder. Kemudian teknik pengumpulan data diperoleh melalui wawancara, observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian yang diperoleh yaitu: (1) Komunikasi dalam penyelenggaraan pendidikan inklusif sudah optimal (2) Faktor sumberdaya belum optimal karena ketersediaan staff yang tidak sebanding dengan jumlah siswa inklusif. (3) Disposisi dalam penyelenggaraan pendidikan inklusif telah berjalan dengan optimal. (4) Tersedianya struktur tim inklusif dalam penyelenggaran pendidikan inklusif di SDN Klampis Ngasem 1 Kota Surabaya. Kata kunci: Implementasi, Pendidikan Inklusif, SDN Klampis Ngasem 1 Surabaya

Item Type: Thesis (Other)
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorPRATHAMA, ANANTANIDN0013046014UNSPECIFIED
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Faculty of Social and Political Sciences > Departement of Public Administration
Depositing User: Budiyono Budiyono
Date Deposited: 01 Mar 2021 04:13
Last Modified: 01 Mar 2021 04:13
URI: http://repository.upnjatim.ac.id/id/eprint/1413

Actions (login required)

View Item View Item