MANAJEMEN DAN REKAYASA LALU LINTAS PADA JALAN SIMPANG TIGA MENGKRENG KEDIRI

Maghfiro, Lailul (2023) MANAJEMEN DAN REKAYASA LALU LINTAS PADA JALAN SIMPANG TIGA MENGKRENG KEDIRI. Undergraduate thesis, UPN Veteran Jawa Timur.

[img]
Preview
Text (Cover)
1653010037.-cover.pdf

Download (967kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Bab 1)
1653010037.-bab1.pdf

Download (228kB) | Preview
[img] Text (Bab 2)
1653010037.-bab2.pdf
Restricted to Registered users only until 25 May 2026.

Download (675kB)
[img] Text (Bab 3)
1653010037.-bab3.pdf
Restricted to Registered users only until 25 May 2026.

Download (117kB)
[img] Text (Bab 4)
1653010037.-bab4.pdf
Restricted to Registered users only until 25 May 2026.

Download (832kB)
[img]
Preview
Text (Bab 5)
1653010037.-bab5.pdf

Download (116kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
1653010037.-daftarpustaka.pdf

Download (73kB) | Preview
[img] Text (Lampiran)
1653010037.-lampiran.pdf
Restricted to Registered users only until 25 May 2026.

Download (239kB)

Abstract

Jalan Simpang Tiga Mengkreng merupakan jalan pertemuan antara arus lalu lintas dari Kediri, Jombang dan Kertosono. Adanya pertemuan arus ini, maka pada titik tersebut rawan terjadi kemacetan. Jalan ini sering kali dilalui oleh kendaraan besar seperti truk dan bus yang menambah panjang kemacetan. Namun permasalahan utama yang terjadi pada jalan ini yaitu karena adanya perlintasan Kereta Api yang jaraknya cukup dekat dengan Jalan Simpang Tiga Mengkreng Kediri, serta adanya halte bus di sisi timur simpang dan aktivitas jual beli di pasar oleh – oleh. Selain itu, tidak adanya lampu lalu lintas menambah parahnya kondisi jalan ini. Penelitian ini dilakukan untuk menganalisis kinerja Simpang Tiga Mengkreng Kediri dengan metode Pedoman Kapasitas Jalan Indonesia (2014). Alur penelitian dimulai dengan mengumpulkan data-data, yaitu data primer dan data sekunder. Parameter yang digunakan untuk metode PKJI 2014 yaitu derajat kejenuhan (Dj), tundaan dan peluang antrian pada jalan ini. Melalui penelitian ini diharapkan rekayasa dan manajemen lalu lintas berupa pengalihan arus lalu lintas menjadi satu arah untuk menghindari kemacetan di persimpangan jalan. Dari hasil penelitian kinerja simpang pada jalan Simpang Tiga Mengkreng Kediri didapatkan yakni: Kondisi eksisting : jam puncak pagi hari terjadi pada pukul 07.00-09.00, untuk Pendekat A (arah ke Kediri) arus lalu lintas 801,5 skr/jam. Nilai kapasitas 3718,29 skr/jam, derajat kejenuhan 0,75. Dan tundaan simpang sebesar 12 det/skr. Sedangkan nilai peluang antrian sebesar 22,81-45,72. Pendekat B (arah ke Jombang) arus lalu lintas 1053 skr/jam. Nilai kapasitas 3401,80 skr/jam, derajat kejenuhan 0,82. Dan tundaan simpang sebesar 14 det/skr. Sedangkan nilai peluang antrian sebesar 27,07-53,66. Pendekat C (arah ke Kertosono) arus lalu lintas 943,6 skr/jam. Nilai kapasitas 3718,29 skr/jam, derajat kejenuhan 0,75. Dan tundaan simpang sebesar 12 det/skr, sedangkan nilai peluang antrian sebesar 22,81%-45,72%. Kata Kunci: Kapasitas jalan, Manajemen dan rekayasa lalu lintas, Pedoman Kapasitas Jalan Indonesia 2014, Simpang Tiga Mengkreng.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorUtomo, NugrohoNIDN6031134UNSPECIFIED
Subjects: T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
Divisions: Faculty of Engineering > Departement of Civil Engineering
Depositing User: Lailul Maghfiro
Date Deposited: 26 May 2023 01:49
Last Modified: 26 May 2023 01:49
URI: http://repository.upnjatim.ac.id/id/eprint/13681

Actions (login required)

View Item View Item