FAKTOR – FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PEMAHAMAN USAHA MIKRO KECIL DAN MENENGAH DALAM PENYUSUNAN LAPORAN KEUANGAN BERDASARKAN STANDAR AKUNTANSI ENTITAS MIKRO KECIL DAN MENENGAH PADA UMKM DI KECAMATAN GUNUNG ANYAR

Wicaksono, Agung Budi (2023) FAKTOR – FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PEMAHAMAN USAHA MIKRO KECIL DAN MENENGAH DALAM PENYUSUNAN LAPORAN KEUANGAN BERDASARKAN STANDAR AKUNTANSI ENTITAS MIKRO KECIL DAN MENENGAH PADA UMKM DI KECAMATAN GUNUNG ANYAR. Undergraduate thesis, UPN Veteran Jawa Timur.

[img]
Preview
Text (Cover)
Cover.pdf

Download (2MB) | Preview
[img]
Preview
Text (Bab 1)
Bab 1.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text (Bab 2)
Bab 2.pdf
Restricted to Registered users only until 24 May 2025.

Download (3MB)
[img] Text (Bab 3)
Bab 3.pdf
Restricted to Registered users only until 24 May 2025.

Download (1MB)
[img] Text (Bab 4)
Bab 4.pdf
Restricted to Registered users only until 24 May 2025.

Download (3MB)
[img]
Preview
Text (Bab 5)
Bab 5.pdf

Download (735kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Daftar Pusta)
Daftar Pustaka.pdf

Download (477kB) | Preview
[img] Text (Lampiran)
Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

Penyusunan laporan keuangan yang akurat dan tepat waktu sangat penting bagi UMKM agar dapat memantau kinerja keuangan dan membuat keputusan bisnis yang baik. Namun, UMKM seringkali mengalami kesulitan dalam menyusun laporan keuangan yang sesuai dengan Standar Akuntansi Keuangan untuk Entitas Mikro, Kecil, dan Menengah. Beberapa faktor yang dapat mempengaruhi pemahaman UMKM dalam penyusunan laporan keuangan sesuai Sak EMKM ialah informasi dan sosialisasi, latar belakang pendidikan, jenjang pendidikan, ukuran usaha, lama usaha. Sehingga penelitian ini bertujuan untuk menguji dan membuktikan faktor-faktor yang mempengaruhi pemahaman usaha mikro, kecil dan menengah dalam penyusunan laporan keuangan berdasarkan standar akuntansi entitas mikro, kecil dan menengah pada UMKM di kecamatan Gunung Anyar. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kuantitatif. Populasi dan sampel dalam penelitian ini adalah 592 pelaku UMKM di kecamatan Gunung Anyar dan jumlah sampel yang digunakan sebanyak 86 responden. Teknik analisis data yang digunakan pada penelitian ini menggunakan Partial Least Square (PLS) yang terdiri dari outer model dan inner model. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Informasi dan Sosialisasi, Latar Belakang Pendidikan, Jenjang Pendidikan tidak berpengaruh signifikan terhadap pemahaman pelaku UMKM dalam penyusunan laporan keuangan berdasarkan Standar Akuntansi Keuangan Entitas Mikro Kecil Menengah (SAK EMKM). Sedangkan Lama Usaha dan Ukuran Usaha berpengaruh signifikan terhadap pemahaman pelaku UMKM dalam penyusunan laporan keuangan berdasarkan SAK EMKM di kecamatan Gunung Anyar.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorWidayantie, Tituk DiahNIDN0723016701UNSPECIFIED
Subjects: H Social Sciences > HC Economics
Divisions: Faculty of Economic > Departement of Accounting
Depositing User: agung budi wicaksono
Date Deposited: 24 May 2023 04:45
Last Modified: 24 May 2023 04:45
URI: http://repository.upnjatim.ac.id/id/eprint/13542

Actions (login required)

View Item View Item