PERANAN ZAT PENGATUR TUMBUH ALAMI DALAM INDUKSI PEMBUNGAAN DAN PRODUKSI BERBAGAI VARIETAS TANAMAN CABAI (Capsicum annum L.)

Alvriado, Igo F Siahaan and Sukendah, Sukendah and Sutini, Sutini (2021) PERANAN ZAT PENGATUR TUMBUH ALAMI DALAM INDUKSI PEMBUNGAAN DAN PRODUKSI BERBAGAI VARIETAS TANAMAN CABAI (Capsicum annum L.). PERANAN ZAT PENGATUR TUMBUH ALAMI DALAM INDUKSI PEMBUNGAAN DAN PRODUKSI BERBAGAI VARIETAS TANAMAN CABAI (Capsicum annum L.), 9 (1). pp. 1-10. ISSN 2614-0233

[img]
Preview
Text
2021 Pembungaan Cabai- Alfredo Plumula.pdf

Download (226kB) | Preview

Abstract

Cabai rawit (Capsicum annum L.) merupakan komoditas sayuran yang banyak mendapat perhatian karena memiliki nilai ekonomis yang cukup tinggi dan kebutuhan akan cabai terus meningkat setiap tahun sejalan dengan meningkatnya jumlah penduduk dan berkembangnya industri yang membutuhkan bahan baku cabai. Salah satu upaya untuk meningkatkan induksi pembungaan dan produksi tanaman cabai dengan menggunakan pemberian zat pengatur tumbuh alami dari jagung muda dan jenis varietas cabai yang berbeda. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan Februari sampai Juli 2019, yang dilakukan di lahan kelompok tani Karangploso, Jawa Timur. Penelitian ini merupakan percobaan faktorial yang menggunakan 2 faktor yang disusun menggunakan Rancangan Acak Lengkap (RAL). Faktor pertama adalah zat pengatur tumbuh alami (dengan konsentrasi 0, 3, 6, 9 ml/L) dan faktor kedua adalah macam varietas cabai (Maruti, Santika, dan Jalapeno). Hasil penelitian menunjukkan terdapat interaksi pada parameter jumlah daun, jumlah bunga, jumlah cabai, dan berat cabai per tanaman. Faktor pertama yaitu pemberian zat pengatur tumbuh alami ekstrak jagung muda mempengaruhi pertumbuhan dan produksi tanaman pada variabel jumlah daun, jumlah bunga, jumlah cabai, dan berat cabai per tanaman dengan hasil yang berbeda, begitu juga pada faktor kedua yaitu jenis varietas Maruti menunjukkan hasil terbaik pada parameter jumlah daun, dan jumlah bunga, varietas Santika menunjukkan hasil terbaik pada parameter jumlah bunga dan jumlah buah per tanaman, sedangkan varietas Jalapeno tidak menunjukkan pengaruh yang signifikan.

Item Type: Article
Subjects: S Agriculture > S Agriculture (General)
Divisions: Faculty of Agriculture > Departement of Agritechnology
Depositing User: Prof. Dr. Sukendah Sukendah
Date Deposited: 02 May 2023 00:33
Last Modified: 02 May 2023 00:33
URI: http://repository.upnjatim.ac.id/id/eprint/13139

Actions (login required)

View Item View Item