PERLINDUNGAN BAGI KONSUMEN TERHADAP PELAKU USAHA YANG TIDAK MEMBERIKAN INFORMASI YANG BENAR DALAM PENGIRIMAN BARANG DITINJAU DARI UU NO. 8 TAHUN 1999 TENTANG PERLINDUNGAN KONSUMEN

Sitorus, Fernando Sihar (2023) PERLINDUNGAN BAGI KONSUMEN TERHADAP PELAKU USAHA YANG TIDAK MEMBERIKAN INFORMASI YANG BENAR DALAM PENGIRIMAN BARANG DITINJAU DARI UU NO. 8 TAHUN 1999 TENTANG PERLINDUNGAN KONSUMEN. Undergraduate thesis, UPN "VETERAN' JAWA TIMUR.

[img]
Preview
Text (COVER)
COVER.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB 1)
BAB I.pdf

Download (609kB) | Preview
[img] Text (BAB 2)
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only until 23 February 2026.

Download (326kB)
[img] Text (BAB 3)
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only until 23 February 2026.

Download (331kB)
[img]
Preview
Text (BAB 4)
BAB IV.pdf

Download (184kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (188kB) | Preview
[img] Text (LAMPIRAN)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only until 23 February 2026.

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bentuk perlindungan terhadap pelaku usaha yang tidak memberikan informasi yang benar dalam pengiriman barang. PT “X” merupakan pelaku usaha di bidang jasa pengiriman barang, kaitannya dengan perlindungan konsumen PT “X” adalah sebagai pelaku usaha yang ikut berperan dalam usaha perlindungan konsumen. Apabila pelaku usaha tidak melaksanakan kewajibannya, atau tidak beritikad baik dalam melaksanakan usahanya, pelaku usaha telah melanggar hak konsumen. Konsumen mempunyai hak untuk menuntut kerugian yang disebabkan karena kesalahan dari pelaku usaha yang terdapat di pasal 4 Undang-Undang Perlindungan Konsumen Tahun 1999 Untuk menyelesaikan permasalahan pelaku usaha tidak memberikan informasi yang benar kepada konsumen dalam pengiriman barang, sehingga barang konsumen tidak layak dikonsumsi atau rusak yaitu dengan memberikan jaminan ganti rugi penuh sesuai dengan pasal 6 Undang-Undang Perlindungan Konsumen Tahun 1999 yaitu, memberi kompensasi, ganti rugi, dan/atau penggantian apabila barang dan/atau jasa yang diterima atau dimanfaatkan tidak sesuai perjanjian. Kata Kunci : Perlindungan Konsumen, Informasi Yang Tidak Benar, Pengiriman Barang

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorUNSPECIFIEDUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Subjects: K Law > K Law (General)
Divisions: Faculty of Law > Departement of Law
Depositing User: Lisa Nadya Irawan
Date Deposited: 23 Feb 2023 02:22
Last Modified: 23 Feb 2023 02:22
URI: http://repository.upnjatim.ac.id/id/eprint/12160

Actions (login required)

View Item View Item