PERAN BADAN PENYELESAIAN SENGKETA KONSUMEN (BPSK) DALAM MENYELESAIKAN SENGKETA KONSUMEN DI KOTA SURABAYA

Sari, Felly Elvita (2018) PERAN BADAN PENYELESAIAN SENGKETA KONSUMEN (BPSK) DALAM MENYELESAIKAN SENGKETA KONSUMEN DI KOTA SURABAYA. Undergraduate thesis, UPN Veteran Jatim.

[img]
Preview
Text (COVER)
COVER.pdf

Download (236kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB 1)
BAB 1.pdf

Download (236kB) | Preview
[img] Text (BAB 2)
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (179kB)
[img]
Preview
Text (BAB 3)
BAB 3.pdf

Download (127kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB 4)
BAB 4.pdf

Download (54kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAPUS.pdf

Download (194kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peran Badan Penyelesaian Sengketa Konsumen (BPSK) dalam menyelesaikan sengketa konsumen di Kota Surabaya. Penelitian ini menggunakan metode yuridis empiris yaitu penelitian yang berupa studi-studi empiris untuk menemukan teori-teori mengenai proses terjadinya dan mengenai proses bekerjanya dan efektifitas hukum di dalam masyarakat. Sumber data diperoleh dari literature, perundang-undangan yang berlaku dan wawancara kepada pihak Badan Penyelesaian Sengketa Konsumen (BPSK) Kota Surabaya. Analisis data yang digunakan adalah pendekatan kualtatif terhadap data primer dan data sekunder. Hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa BPSK Kota Surabaya sudah efektif berperan sebagai badan yang menyelesaikan sengketa konsumen di Kota Surabaya. Hal ini terbukti dari sedikitnya pengajuan keberatan atas putusan penyelesaian sengketa konsumen di BPSK Kota Surabaya. Penyelesaian sengketa konsumen di BPSK melalui konsiliasi, mediasi dan arbitrase. BPSK Kota Surabaya sudah berperan sesuai dengan tugas dan wewenangnya sebagaimana diatur dalam Keputusan Mnteri Perindustrian dan Perdagangan Republik Indonesia Nomor 350/MPP/Kep/12/2001 Tentang pelaksanaan tugas dan wewenang Badan Penyelesaian Sengketa Konsumen. Dalam menjalankan tugas dan wewenangnya BPSK Kota Surabaya menghadapi kendala. Kendala yang terjadi berasal dari kendala eksternal dan kendala internal. Untuk mengatasi kendala yan terjadi BPSK Kota Surabaya melakukan beberapa upaya supaya penyelesaian sengketa konsumen teap berjalan. Kata Kunci : Peran BPSK, Penyelesaian Sengketa, Konsumen, Pelaku usaha.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorINDAWATI, YANANIDN0726017903UNSPECIFIED
Subjects: K Law > K Law (General)
Divisions: Faculty of Law > Departement of Law
Depositing User: Amalia Hani
Date Deposited: 15 Feb 2023 07:08
Last Modified: 15 Feb 2023 07:08
URI: http://repository.upnjatim.ac.id/id/eprint/12121

Actions (login required)

View Item View Item