PERLINDUGAN HUKUM BAGI KONSUMEN AIR BERSIH PDAM GIRI TIRTA KABUPATEN GRESIK

Permana, Dion Sandi (2018) PERLINDUGAN HUKUM BAGI KONSUMEN AIR BERSIH PDAM GIRI TIRTA KABUPATEN GRESIK. Undergraduate thesis, UPN Veteran Jatim.

[img] Text
COVER.doc

Download (872kB)
[img] Text
Bab 1.doc

Download (218kB)
[img] Text
BAB II (2).doc
Restricted to Registered users only until 2025.

Download (161kB)
[img] Text
BAB III.docx
Restricted to Registered users only until 2025.

Download (31kB)
[img] Text
BAB IV.docx
Restricted to Registered users only until 2025.

Download (21kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.docx

Download (19kB)
[img] Text
KUISIONER PENELITIAN_2.docx
Restricted to Registered users only until 2025.

Download (23kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tentang implementasi layanan air bersih di PDAM Giri Tirta Kabupaten Gresik dan upaya penyelesaian sengketa terhadap ketidak sesuaian layanan yang dilakukan oleh PDAM Giri Tirta Kabupaten Gresik. Jenis penelitian ini menggunakan penelitian empiris dan pendekatan masalahnya melalui penelitian kepustakaan, penelitian wawancara di lapangan. Bahan sebagai acuan adalah data kusioner para pelanggan/konsumen. Bahwa dari hasil penelitian ini dapat disimpulkan hak-hak konsumen yang masih belum tercapai adalah hak mendapatkan advokasi, perlindungan, dan upaya penyelesaian sengketa secara patut. Kendala-kendala yang dihadapi dalam perlindungan konsumen adalah kendala rendahnya kesadaran konsumen dalam mempertahankan hak-haknya dan kendala kurangnya pengawasan serta pembinaan dari lembaga terkait. Menurut penulis kelalaian yang terjadi adalah kurangnya pemeliharaan di lapangan. pipa distribusi dan pipa air yang bocor sehingga timbul kekeruhan pada air. Permasalahan antara pihak konsumen pelanggan dengan pihak PDAM Giri Tirta Kabupaten Gresik dapat ditempuh jalur non litigasi jalur yaitu langsung datang ke costumer service melalui cara negosiasi dan mediasi yang berdasarkan kesepakatan para pihak dan saling menguntungkan para pihak. Dan bisa juga menempuh jalur hukum. Namun menurut penelititan belum ada konsumen yang melakukan gugatan ke pengadilan. Kata Kunci : Perlindungan, layanan, air bersih.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDKEmail
UNSPECIFIEDMaharani MTVM, SriNIDN0003087410UNSPECIFIED
Subjects: K Law > K Law (General)
Depositing User: Amalia Hani
Date Deposited: 09 Feb 2023 03:00
Last Modified: 09 Feb 2023 03:00
URI: http://repository.upnjatim.ac.id/id/eprint/12073

Actions (login required)

View Item View Item