ANALISIS USAHA DAN STRATEGI PEGEMBANGAN USAHA IKAN KOI (CYPRINUS CARPIO) DALAM BISNIS IKAN HIAS (STUDI KASUS PADA UD. DUTA KOI SEJAHTERA BLITAR)

Syamrotul, Fikriyah (2023) ANALISIS USAHA DAN STRATEGI PEGEMBANGAN USAHA IKAN KOI (CYPRINUS CARPIO) DALAM BISNIS IKAN HIAS (STUDI KASUS PADA UD. DUTA KOI SEJAHTERA BLITAR). Masters thesis, Universitas Pembangunan Nasional "Veteran" Jawa Timur.

[img]
Preview
Text (Cover)
1. Cover.pdf

Download (593kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Bab I)
2. Bab I.pdf

Download (75kB) | Preview
[img] Text (Bab II - bab IV)
3. Bab II - Bab IV.pdf
Restricted to Repository staff only until 31 December 2024.

Download (2MB)
[img]
Preview
Text (Bab V)
4. Bab V.pdf

Download (66kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
5. Daftar Pustaka.pdf

Download (120kB) | Preview
[img] Text (lampiran)
6. Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only until 31 December 2024.

Download (2MB)

Abstract

Tujuan dari peneitian ini adalah menganalisis kelayakan bisnis ikan koi pada UD. Duta Koi Sejahtera dan menganalisis strategi pengembangan UD. Duta Koi Sejahtera dalam perkembangan bisnis ikan hias. Metode yang digunakan adalah analisis deskriptif kualitatif, Analisis kelayakan usaha menggunakan aspek finansial yang terdiri dari beberapa kriteria investasi yaitu NPV, IRR, Net B/C, dan PP, analisis strategi penegembangan membuat formulasi strategi melalui tahap input (matriks IFE, EFE dan CPM), tahap pencocokan (Matriks SWOT, SPACE, BCG, dan IE) tahap keputusan (QSPM) strategi yang akan digunakan. Hasil Analisis Kelayakan bisnis ikan koi pada UD. Duta Koi Sejahtera dikatakan layak dan sangat berpotensial dilihat dari aspek anaslisis kelayakan aspek finansial terdiri dari NPV sebesar 1,827,733,744 nilai NPV > 0 bernilai positif yang berarti bisnis ikan koi layak untuk dijalankan, investasi yang dilakukan layak karena IRR 166 %>1, hasil perhitungan nilai B/C Ratio ikan koi adalah 890,389,431 > 1 berarti layak untuk dijalankan dan Invests waktu yang diperlukan untuk mengembalikan modal yang telah digunakan layak usaha dilakukan waktu yang diperlukan waktu pengembalian 1 tahun dan strategi pengembangan UD. Duta Koi menggunakan srategi utama dalam perumusan strategi rencana strategi pengembangan yaitu perhitungan hasil QSPM yang telah dianalisis, diperoleh nilai 5.96 untuk strategi melakukan komunikasi dengan memberikan informasi mengenai jenis dan jumlah ketersediaan ikan serta hubungan baik serta menjaga loyalitas kepada konsumen yang dimiliki menjadi strategi utama yang dapat digunakan UD. Duta Koi. Setiap customer service memiliki group yang didalamnya adalah konsumen yang telah membeli ikan dari group itulah dijadikan media promosi stok ikan dan separuh dari konsumen yang dimiliki akan datang membeli kembali ikan. Setelah hubungan baik telah dijaga duta koi dapat melakukan strategi kedua dengan perolehan nilai 5.86 strategi penetrasi pasar sebagai strategi utama dari empat alternatif strategi yang ada yaitu strategi penetrasi pasar, pengembangan produk, integrasi kebelakang dan integrasi horisontal. Strategi penetrasi pasar adalah strategi yang memerlukan usaha-usaha untuk meningkatkan market share Duta Koi melalui usaha-usaha pemasaran yang lebih besar.

Item Type: Thesis (Masters)
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDKEmail
AuthorTeguh, SoedartoNIDN0720065601UNSPECIFIED
AuthorSri, Tjondro WinarnoNIDN0011025908UNSPECIFIED
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD9000 Agricultural Industries
Divisions: Faculty of Agriculture > Magister Agribusiness
Depositing User: Syamrotul Fikriyah Fikriyah
Date Deposited: 03 Feb 2023 06:05
Last Modified: 05 Jun 2023 02:34
URI: http://repository.upnjatim.ac.id/id/eprint/12029

Actions (login required)

View Item View Item