PERANCANGAN BOARD GAME EDUKASI GO GREEN UNTUK ANAK USIA 10-13 TAHUN

WULANDARI, NIA (2020) PERANCANGAN BOARD GAME EDUKASI GO GREEN UNTUK ANAK USIA 10-13 TAHUN. Other thesis, UPN Veteran Jawa Timur.

[img]
Preview
Text (Cover)
Cover.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text (Bab I)
BAb 1.pdf

Download (433kB) | Preview
[img] Text (Bab II)
Bab 2.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text (Bab III)
Bab 3.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (648kB)
[img] Text (Bab IV)
bab 4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (371kB)
[img] Text (Bab V)
Bab 5.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img]
Preview
Text (Bab VI)
Bab 6.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text (Bab VII)
Bab 7.pdf

Download (327kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
Dfatar pustaka.pdf

Download (329kB) | Preview
[img] Text (Lampiran)
Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (472kB)

Abstract

Adanya fenomena global warming yang cukup serius, perlu diperhatikan dan ditangani secara langsung dari kita, salah satunya dengan adanya gerakan go green. Go green (penghijauan) merupakan salah satu gerakan atau tindakan peduli terhadap lingkungan sebagai salah satu bentuk usaha untuk memberbaiki lingkungan. Lebih mudah bila kita membekali edukasi go green sejak dini kepada anak-anak, yaitu saat usia 10-13 tahun. Board game menjadi solusi karena merupakan media interaktif yang tepat bagi anak-anak dalam mempelajari sesuatu, terutama mengenai go green. Pada perancangan ini terdapat beberapa metode yang dilakukan yaitu metode kualitatif dan kuantitatif. Metode kualitatif meliputi tahap oobservasi dan wawancara mendalam, sedangkan metode kuantitatif meliputi kuisioner. Selain itu, dilakukan pula studi literatur dan studi kompetitor serta komparator untuk mendukung data perancangan. Adapun proses analisis data dilakukan dengan metode analisis TOWS Matrix dan Analisis 5W+1H. Proses analisis dilakukan untuk mencai solusi perancangan dari data yang telah terkumpul. Dari proses analisis tersebut didapat sebuah keyword yaitu “Fun Eco Life” yang berarti belajar gaya hidup ramah lingkungan melalui permainan board game edukasi go green merupakan hal yang menyenangkan. Dengan adanya keyword, dapat dijadikan acuan dalam pembuatan konsep desain board game edukasi go green. Konsep perancangan meliputi instrumen board game dan informasi yang akan disampaikan dengan konsep permainan yang menarik bagi anak-anak. Diharapkan perancangan ini dapat mengedukasi anakanak agar dapat menerapkan hidup yang lebih ramah lingkungan dan bersamasama membantu menghijaukan lingkungan. Kata Kunci: Edukasi, lingkungan hijau, papan permainan

Item Type: Thesis (Other)
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorWIDYASARI, WIDYASARINIDN0020098901UNSPECIFIED
Subjects: N Fine Arts > NC Drawing Design Illustration
Divisions: Faculty of Architecture and Design > Departement of Visual Communication Design
Depositing User: Users 15 not found.
Date Deposited: 14 Dec 2020 04:43
Last Modified: 14 Dec 2020 04:43
URI: http://repository.upnjatim.ac.id/id/eprint/1181

Actions (login required)

View Item View Item