PERENCANAAN ANGKUTAN FEEDER MENUJU TERMINAL 1 BANDARA JUANDA BERBASIS JALAN REL

Nurtama, Mokhammad Soca Jiwangga (2023) PERENCANAAN ANGKUTAN FEEDER MENUJU TERMINAL 1 BANDARA JUANDA BERBASIS JALAN REL. Undergraduate thesis, Universitas Pembangunan Nasional "Veteran" Jawa TImur.

[img]
Preview
Text (Cover)
17035010011.- cover.pdf

Download (814kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Bab 1)
17035010011.- bab 1.pdf

Download (154kB) | Preview
[img] Text (Bab 2)
17035010011.- bab 2.pdf
Restricted to Registered users only until 26 January 2025.

Download (467kB)
[img] Text (Bab 3)
17035010011.- bab 3.pdf
Restricted to Registered users only until 26 January 2025.

Download (188kB)
[img] Text (Bab 4)
17035010011.- bab 4.pdf
Restricted to Registered users only until 26 January 2025.

Download (944kB)
[img]
Preview
Text (Bab 5)
17035010011.- bab 5.pdf

Download (59kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
17035010011.- daftarpustaka.pdf

Download (136kB) | Preview
[img] Text (Lampiran)
17035010011.- lampiran.pdf
Restricted to Registered users only until 26 January 2025.

Download (280kB)

Abstract

Kawasan Bandar Udara Internasional Juanda merupakan daerah yang memberikan bangkitan terhadap pergerakan transportasi terutama di daerah Kota Surabaya dan Kota Sidoarjo. Pada saat ini akses dari wilayah tersebut menuju bandar udara menggunakan moda mobil pribadi, taksi, bus dan sepeda motor. Salah satu transportasi angkutan bandar udara yang ada di Bandar Udara Juanda adalah bus bandar udara. Bus bandar udara sendiri memiliki beberapa kelemahan, salah satunya adalah dapat terjebak pada kemacetan lalu lintas yang menyebabkan laju bus melambat ataupun terhenti yang menyebabkan kurangnya ketepatan waktu dengan jadwal yang direncanakan sehingga penumpang terlambat menuju bandar udara. Oleh karena itu, dibutuhkan solusi untuk mengatasi kelemahan pada bus bandar udara yaitu merencanakan transportasi bandar udara baru yang cepat dan tepat waktu. Solusi untuk mengatasi permasalahan pada bus bandar udara yaitu menambah angkutan bandar udara baru berbasis jalan rel atau kereta api bandar udara. Pada perencanaan ini menggunakan metode regresi linier untuk merencanakan jumlah penumpang 5 tahun mendatang. Hasil dari metode regresi linier digunakan untuk mendapatkan jumlah armada yang dibutuhkan dengan menggunakan rumus load factor, waktu sirkulasi dan headway. Data primer yang digunakan yaitu data hasil survei statis, survei dinamis. Data sekunder yang digunakan yaitu jumlah penumpang yang naik Bus DAMRI 5 tahun terakhir dari terminal Purabaya-Terminal 1 Bandar Udara Juanda. Jumlah penumpang yang dipakai dari data yang didapatkan untuk menghitung regresi linier diasumsikan menggunakan 50% dari jumlah penumpang yang digunakan. Hasil dari perencanaan angkutan bandar udara berbasis rel rute Sawotratap-Sedati yaitu headway rencana selama 28 menit dengan load factor desain yang digunakan 0,7, waktu sirkulasi selama 104,13 menit, jumlah armada yang dibutuhkan berjumlah 4 rangkaian kereta api, dan shelter yang direncanakan berjumlah 6 shelter.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorUtomo, NugrohoNIDN0717017501UNSPECIFIED
Subjects: T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
Divisions: Faculty of Engineering > Departement of Civil Engineering
Depositing User: Mokhammad Soca Jiwangga Nurtama
Date Deposited: 26 Jan 2023 08:53
Last Modified: 26 Jan 2023 08:53
URI: http://repository.upnjatim.ac.id/id/eprint/11783

Actions (login required)

View Item View Item