Analisa Kelayakan Tarif dan Kepuasan Penumpang dari Suroboyo Bus Tumpuk Armada Bus Bank Mayapada

Syah, Raden Muhammad Azhar Ardlin (2023) Analisa Kelayakan Tarif dan Kepuasan Penumpang dari Suroboyo Bus Tumpuk Armada Bus Bank Mayapada. Undergraduate thesis, UPN Veteran Jawa Timur.

[img]
Preview
Text (Cover)
18035010069-Cover.pdf

Download (926kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Bab 1)
18035010069-Bab1.pdf

Download (120kB) | Preview
[img] Text (Bab 2)
18035010069-Bab2.pdf
Restricted to Registered users only until 26 January 2025.

Download (2MB)
[img] Text (Bab 3)
18035010069-Bab3.pdf
Restricted to Registered users only until 26 January 2025.

Download (172kB)
[img] Text (Bab 4)
18035010069-Bab4.pdf
Restricted to Registered users only until 26 January 2025.

Download (581kB)
[img]
Preview
Text (Bab 5)
18035010069-Bab5.pdf

Download (76kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
18035010069-Daftar Pustaka.pdf

Download (105kB) | Preview
[img] Text (Lampiran)
18035010069-Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only until 26 January 2025.

Download (932kB)

Abstract

Suroboyo Bus Tumpuk (SBT) merupakan salah satu bus kota yang beroperasi di Kota Surabaya. SBT memiliki berbagai fasilitas pelayanan yang bermanfaat bagi penumpangnya. Dalam menaiki SBT pastinya diharuskan untuk membayar tarif, tetapi tidak berarti penumpang bersedia untuk membayar tarif tersebut. Kesediaan dari penumpang untuk membayar dapat dilihat dari seberapa besar manfaat SBT terhadap penumpang, pendapatan yang didapat oleh penumpang dan penilaian penumpang terhadap kualitas pelayanan dari SBT. Berdasarkan hal itu tujuan dari dilakukan penelitian atau riset ini ialah untuk mengetahui karakteristik penumpang SBT, kelayakan tarif dari SBT serta mengetahui persentase tingkat kepuasan penumpang atas pelayanan SBT menggunakan. Sampel yang diambil sebanyak 100 responden, jumlah responden didapat dari perhitungan jumlah sampel. Pengumpulan data menggunakan cara pembagian kuesioner kepada penumpang sepanjang rute SBT. Analisis data untuk mengetahui kelayakan tarif yaitu menggunakan metode Willingness to Pay (WTP) dan untuk mengetahui kepuasan penumpang menggunakan metode Customer Satisfaction Index (CSI). Dalam hasil penelitian, karakteristik dari penumpang SBT mayoritas adalah perempuan, penumpang dengan rentang usia 17-25 tahun, penumpang menurut maksud atau tujuan kepergian untuk wisata, penumpang yang berasal dari daerah Jawa Timur, penumpang dengan pekerjaan lainnya, penumpang dengan pendapatan kurang dari Rp1.000.000,00 dalam 1 bulan, penumpang yang menggunakan SBT hanya 1 kali dalam 1 minggu. Untuk hasil analisa kelayakan tarif didapatkan WTP masyarakat umum sebesar Rp4.288,00 yang berarti membutuhkan peningkatan pelayanan atau membutuhkan penyesuaian tarif dan WTP pelajar/mahasiswa sebesar Rp3.815,00 yang berarti memiliki keleluasaan meningkatkan tarif tanpa harus meningkatkan pelayanan. Analisa kepuasan penumpang didapatkan nilai CSI sebesar 91,89%, hal ini berarti penumpang sangat puas dengan pelayanannya.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorSholichin, IbnuNIDN0718097102ibnu.ts@upnjatim.ac.id
Subjects: T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
Divisions: Faculty of Engineering > Departement of Civil Engineering
Depositing User: Syah Raden Muhammad Azhar Ardlin Syah
Date Deposited: 26 Jan 2023 07:42
Last Modified: 26 Jan 2023 07:42
URI: http://repository.upnjatim.ac.id/id/eprint/11745

Actions (login required)

View Item View Item