PERANCANGAN REDESAIN KEMASAN PRODUK KERUPUK UDANG TOKO MITRA SIDOARJO

SARI, MIKE NUR KARTIKA (2020) PERANCANGAN REDESAIN KEMASAN PRODUK KERUPUK UDANG TOKO MITRA SIDOARJO. Other thesis, UPN Veteran Jawa Timur.

[img]
Preview
Text (Cover)
Cover.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text (Bab I)
Bab 1.pdf

Download (555kB) | Preview
[img] Text (Bab II)
Bab 2.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text (Bab III)
Bab 3.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (392kB)
[img] Text (Bab IV)
Bab 4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (329kB)
[img] Text (Bab V)
Bab 5.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text (Bab VI)
Bab 6.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img]
Preview
Text (Bab VII)
Bab 7].pdf

Download (186kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
Daftar pustaka.pdf

Download (294kB) | Preview
[img] Text (Lampiran)
Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (837kB)

Abstract

Sidoarjo terkenal dengan hasil tambaknya terutama udang. Salah satu oleh-oleh khas Sidoarjo adalah berbagai olahan dari bahan dasar udang yaitu antara lain kerupuk. Salah satu toko yang menjual berbagai oleh-oleh khas Sidoarjo khususnya kerupuk udang adalah Toko Mitra. Produk Toko “Mitra” memiliki kualitas yang terkenal baik, namun produk Toko “Mitra” memiliki salah satu kekurangan yaitu dari segi kemasan yang kurang menarik dan terlalu sederhana. Produk di industri zaman sekarang selain kualitas rasa produk makanan yang juga dilihat adalah kualitas kemasan produknya yang bagus, sesuai dengan kebutuhan, sehingga membuat nilai produk menjadi naik. Dalam perancangan kali ini diperlukan sebuah metode yang tepat agar mendapatkan hasil yang diinginkan. Berikut tahapan proses pembuatan kerangka perancangan sebagai berikut : (1) Penentuan Fenomena, (2) Riset Awal, (3) Penentuan Rumusan Masalah, (4) Studi Literatur, (5) Studi Kompetitor, (6) Studio Komparator. Dalam perancangan ini perancang mendapatkan data-data awal untuk acuan dalam membuat perancangan agar hasil yang didapatkan tepat dan sesuai dengan kebutuhan menggunakan metode observasi, wawancara, dan kuisioner. Adapaun observasi dilakukan secara langsung di Toko Mitra, dan wawancara dilakukan kepada pemilik, pihak UPT Mamin, dan konsumen. Adapun pembahasan kali ini perancang merancang sebuah konsep desain untuk melakukan redesain untuk kemasan primer Toko Mitra Sidoarjo yakni yang terdiri dari beberapa konsep yaitu: (1) Konsep Kreatif, salah satu tahapan dalam konsep kreatif adalah membuat sebuah kata kunci atau keyword berupa “Practice Modern Package”. (2) Konsep Verbal, Konsep verbal yang akan digunakan dalam perancagan ke masan ini adalah dengan cara menggunakan kata maupun kalimat yang dapat mempengaruhi minat dan ketertarikan konsumen terhadap produk kerupuk udang Toko Mitra. (3) Konsep Visual, Pada konsep visual yang diterapkan pada perancangan kali ini menggunakan konsep desain kemasan yang menarik secara fisik dan visual.Pada perancangan kali ini akan menggunakan struktur konsep kemasan ergonomis, modern dan menarik. Dalam perancangan ini nantinya pada kemasan kerupuk udang mentah akan dikonsep seperti bentukan kemasan roti agar mudah untuk dibawa, sehingga terkesan praktis Kata Kunci : Oleh-oleh, Sidoarjo, Kemasan, Modern, Udang, Kerupuk

Item Type: Thesis (Other)
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorWIDYASARI, WIDYASARINIDN0020098901UNSPECIFIED
Subjects: N Fine Arts > NC Drawing Design Illustration
N Fine Arts > NE Print media
Divisions: Faculty of Architecture and Design > Departement of Visual Communication Design
Depositing User: Users 15 not found.
Date Deposited: 05 Jan 2021 05:06
Last Modified: 05 Jan 2021 05:06
URI: http://repository.upnjatim.ac.id/id/eprint/1174

Actions (login required)

View Item View Item