Faktor Pengaruh Kecelakaan Pada jalan Raya Sidorejo-Taman Kabupaten Sidoarjo Menggunakan Metode AHP (Analytical Hierarchy Process) (STA 2+500 - STA 8+000)

Dewi, Safitri Vera (2023) Faktor Pengaruh Kecelakaan Pada jalan Raya Sidorejo-Taman Kabupaten Sidoarjo Menggunakan Metode AHP (Analytical Hierarchy Process) (STA 2+500 - STA 8+000). Undergraduate thesis, UPN Veteran Jawa Timur.

[img]
Preview
Text (Cover)
17035010013.-cover.pdf

Download (685kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Bab 1)
17035010013.-bab1.pdf

Download (173kB) | Preview
[img] Text (Bab 2)
17035010013.-bab2.pdf
Restricted to Registered users only until 25 January 2025.

Download (584kB)
[img] Text (Bab 3)
17035010013.-bab3.pdf
Restricted to Registered users only until 25 January 2025.

Download (163kB)
[img] Text (Bab 4)
17035010013.-bab4.pdf
Restricted to Registered users only until 25 January 2025.

Download (1MB)
[img]
Preview
Text (Bab 5)
17035010013.-bab5.pdf

Download (128kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
17035010013.-daftarpustaka.pdf

Download (127kB) | Preview
[img] Text (Lampiran)
17035010013.-lampiran.pdf
Restricted to Registered users only until 25 January 2025.

Download (857kB)

Abstract

Jumlah kendaraan bermotor di Kabupaten Sidoarjo mengalami peningkatan. Kepadatan kendaraan yang semakin meningkat setiap tahunnya menyebabkan terjadinya kecelakaan. Kurangnya pemahaman pengguna jalan tentang Peraturan Undang-Undang lalu lintas bermula dari keinginan pengguna jalan untuk sampai di tujuan tepat waktu tanpa memperhatikan keselamatan pribadi ataupun keselamatan orang lain. Penelitian ini menggunakan metode Analytical Hierarchy Process (AHP) pada Jalan Raya Sidorejo-Taman Kabupaten Sidoarjo dikarenakan banyaknya kecelakaan lalu lintas yang terjadi pada ruas jalan tersebut yang bermula dari keinginan pemakai jalan untuk sampai di tujuan tepat waktu tanpa memperhatikan keselamatan jiwa dan peraturan serta rambu-rambu lalu lintas yang ada. Analytical Hierarchy Process (AHP) adalah suatu model pendukung keputusan yang dikembangkan oleh Thomas L. Saaty. Model pendukung keputusan ini akan menguraikan masalah yang multi faktor atau multi kriteria yang kompleks sehingga menjadi satu hirarki. Dari hasil penelitian faktor pengaruh kecelakaan, skala prioritas kriteria faktor pemakai jalan dianggap yang paling mempengaruhi dengan nilai bobot (34,7%). Sedangkan untuk skala prioritas sub kriteria faktor yang mempengaruhi kecelakaan, kurang antispasi memiliki nilai bobot (9,82%) pada kriteria pemakai jalan, tanjakan/turunan pada flyover berbobot (19,67%) pada kriteria lingkungan, lampu kendaraan mati berbobot (7,42%) pada kriteria kendaraan, dan permukaan bahu jalan terlalu rendah berbobot (6,65%) pada kriteria jalan. Solusi penanganan sebagai usaha untuk mengurangi terjadinya kecelakaan lalu lintas sebaiknya melakukan sosialisasi kepada pemakai jalan agar dapat mengantisipasi terjadinya kecelakaan, melakukan perbaikan jalan dan perawatan serta memperbaiki lampu penerangan jalan, melakukan perawatan kendaraan secara berkala untuk mengantisipasi kerusakan pada kendaraan, serta perlu dilakukan perencanaan ulang untuk memperlebar permukaan bahu jalan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDKEmail
UNSPECIFIEDSolichin, IbnuNIP.197109162021211004UNSPECIFIED
Subjects: T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
Divisions: Faculty of Engineering > Departement of Civil Engineering
Depositing User: Safitri Vera Dewi
Date Deposited: 26 Jan 2023 07:40
Last Modified: 26 Jan 2023 07:40
URI: http://repository.upnjatim.ac.id/id/eprint/11733

Actions (login required)

View Item View Item