ANALISA DAMPAK LALU LINTAS TERHADAP TRANS ICON PADA FRONTAGE ROAD DI SISI BARAT JALAN AHMAD YANI SURABAYA

Saleh, Nadhifah Rizqina Anwar (2023) ANALISA DAMPAK LALU LINTAS TERHADAP TRANS ICON PADA FRONTAGE ROAD DI SISI BARAT JALAN AHMAD YANI SURABAYA. Undergraduate thesis, UPN Veteran Jawa Timur.

[img]
Preview
Text (Cover)
Cover .pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text (Bab 1)
BAB 1.pdf

Download (123kB) | Preview
[img] Text (Bab 2)
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only until 23 January 2025.

Download (317kB)
[img] Text (Bab 3)
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only until 23 January 2025.

Download (151kB)
[img] Text (Bab 4)
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only until 23 January 2025.

Download (1MB)
[img]
Preview
Text (Bab 5)
BAB 5.pdf

Download (67kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka .pdf

Download (130kB) | Preview
[img] Text (Lampiran)
Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only until 23 January 2025.

Download (79kB)

Abstract

Kota Surabaya merupakan salah satu kota metropolitan terbesar kedua setelah DKI Jakarta, yang mengalami pertumbuhan dan perkembangan sangat pesat. Dengan adanya pertumbuhan dan perkembangan yang sangat pesat. Maka dari itu, pemerintah harus menyediakan fasilitas jalan yang menunjang kesejahteraan dan kelancaran untuk memajukan perekonomian yang ada di Kota Surabaya. Kota Surabaya merupakan salah satu pintu gerbang perdagangan utama di wilayah Indonesia. Dengan segala potensi, fasilitas, dan keunggulan geografisnya Kota Surabaya memiliki potensi ekonomi yang sangat besar. Alasan yang mendasari dalam melakukan penelitian ini adalah frontage road sisi barat Jalan Ahmad Yani merupakan salah satu ruas jalan dengan volume lalu lintas yang cukup tinggi. Dengan adanya rencana pembangunan apartemen, hotel, mall, dan perkantoran pada Trans Icon, tentunya akan mengakibatkan dampak berupa bangkitan dan tarikan serta pergerakan lalu lintas baru pada kawasan Trans Icon frontage road sisi barat. Dengan kondisi saat ini (eksisting) di Jalan Ahmad Yani frontage road sisi barat merupakan kawasan padat lalu lintas pada jam masuk dan pulang kerja. Dampak lalu lintas kemacetan tersebut perlu ditangani secara tepat sesuai dengan lokasi, jenis dan dampak yang akan ditimbulkan di Jalan Ahmad Yani frontage road sisi barat. Berdasarkan ketentuan Pedoman Teknis Analisa Dampak Lalu Lintas Akibat Pengembangan Kawasan di Perkotaan tahun 2015 maka Trans Icon wajib melakukan analisa dampak lalu lintas. Hasil penelitian mengenai analisa kinerja lalu lintas didapatkan nilai derajat kejenuhan (DJ) tertinggi di Jalan Menanggal – Jalan Ahmad Yani pada frontage road sisi barat pada kondisi eksisting sebesar 0,74 dengan tingkat pelayanan C, dan pada umur rencana 5 tahun setelah beroperasi didapatkan nilai derajat kejenuhan (DJ) sebesar 0,75 dimana menurut PKJI 2014 derajat kejenuhan (DJ) yang baik adalah DJ dengan nilai <0,85 sehingga dapat memenuhi syarat dilakukannya pengembangan pada kawasan tersebut. Pada analisa pembebanan arus lalu lintas di Jalan Menanggal didapatkan volume lalu lintas 427 skr/jam dengan nilai derajat kejenuhan (DJ) yaitu 0,19 dengan tingkat pelayanan A, dan diperoleh tundaan rata-rata sebesar 8,5 det/skr atau dalam kondisi yang baik. Sedangkan di Jalan Ahmad Yani pada frontage road sisi barat didapatkan volume lalu lintas 1194 skr/jam dengan nilai derajat kejenuhan (DJ) yaitu 0,74 dengan tingkat pelayanan C, dan diperoleh tundaan rata-rata sebesar 14,76 det/skr atau dalam kondisi yang baik.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorUtomo, NugrohoNIP3K. 197501172021211002UNSPECIFIED
Subjects: T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
Divisions: Faculty of Engineering > Departement of Civil Engineering
Depositing User: Nadhifah Rizqina Anwar Saleh
Date Deposited: 26 Jan 2023 07:36
Last Modified: 26 Jan 2023 07:36
URI: http://repository.upnjatim.ac.id/id/eprint/11030

Actions (login required)

View Item View Item