Pengaruh Penambahan Karet Alam Terhadap Perkerasan Jalan (AC-BC) pada Karakteristik Marshall

HARIYANTI, DESY SAGITA (2022) Pengaruh Penambahan Karet Alam Terhadap Perkerasan Jalan (AC-BC) pada Karakteristik Marshall. Undergraduate thesis, UPN "Veteran" Jawa Timur.

[img]
Preview
Text (cover)
18035010002-Cover.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text (bab I)
18035010002-Bab I.pdf

Download (97kB) | Preview
[img] Text (Bab II)
18035010002-Bab II.pdf
Restricted to Registered users only until 2024.

Download (143kB)
[img] Text (Bab III)
18035010002-Bab III.pdf
Restricted to Registered users only until 2024.

Download (182kB)
[img] Text (Bab IV)
18035010002-Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only until 2024.

Download (466kB)
[img] Text (Bab V)
18035010002-Bab V.pdf
Restricted to Registered users only until 2024.

Download (7kB)
[img]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
18035010002-Daftar Pustaka.pdf

Download (84kB) | Preview
[img] Text (Lampiran)
18035010002-Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only until 2024.

Download (328kB)

Abstract

Jalan merupakan prasarana transportasi darat yang sangat penting. Fungsi yang sangat penting dari jalan adalah untuk menunjang perkembangan suatu daerah. Pengembangan prasarana transportasi jalan mempengaruhi pertumbuhan pembangunan dan perekonomian suatu daerah. Pengaruh dari pertumbuhan pembangunan dan perekonomian suatu daerah tersebut, akan membawa perubahan pada kondisi angkutan barang dan jasa akan mengalami peningkatan pula. Oleh sebab itu, prasarana transportasi jalan sering mengalami kerusakan baik kerusakan kecil maupun kerusakan besar. Dengan meningkatkan fungsi aspal sebagai bahan pengikat menggunakan salah satu inovasi yang dapat dilakukan adalah dengan memanfaatkan karet alam sebagai bahan campuran aspal beton. Karet alam dapat memberikan banyak keuntungan dalam konstruksi perkerasan jalan, selain sebagai bahan pengganti admixture, karet alam banyak dijumpai di Indonesia. Pemakaian karet alam juga memiliki keuntungan diantaranya terjadinya penurunan uji penetrasi, peningkatan titik nyala, dan peningkatan titik lembek. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan kadar karet alam 0% ; 1% ; 3% ; dan 5% dari berat benda uji. Penelitian ini dilakukan di Laboratorium Bahan Jalan Program Studi Teknik Sipil, UPN “Veteran” Jawa Timur. Tahapan pelaksanaan meliputi pemeriksaan aspal 60/70, pemeriksaan agregat (agregat halus dan agregat kasar), pembuatan benda uji campuran aspal karet alami dan pengujian Marshall. Hasil pengujian ini didapatkan kadar campuran karet alam sebesar 3,50% dengan nilai stabilitas 2.100 kg, nilai Flow sebesar 1,75 mm, nilai Marshall Quotient sebesar 1.497 kg/mm, nilai VIM sebesar 8,27%, nilai VMA sebesar 19,78%, dan nilai VFA sebesar 63,51%. Nilai stabilitas, Marshall Quotient dan nilai VMA sudah memenuhi persyaratan Umum Bina Marga Tahun 2018, sedangkan nilai Flow, VIM, dan VFA tidak memenuhi Persyaratan Umum Bina Marga Tahun 2018.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorSholichin, IbnuNIDN0718097102ibnu.ts@upnjatim.ac.id
Subjects: T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
Divisions: Faculty of Engineering > Departement of Civil Engineering
Depositing User: Desy Sagita Hariyanti
Date Deposited: 16 Nov 2022 03:34
Last Modified: 16 Nov 2022 03:34
URI: http://repository.upnjatim.ac.id/id/eprint/10284

Actions (login required)

View Item View Item