ANALISA TINGKAT KEPUASAN PENUMPANG TERHADAP PELAYANAN KERETA API KELAS EKSEKUTIF BIMA DI STASIUN GUBENG PADA SAAT PENERAPAN NEW NORMAL

Syavila, Aulia (2022) ANALISA TINGKAT KEPUASAN PENUMPANG TERHADAP PELAYANAN KERETA API KELAS EKSEKUTIF BIMA DI STASIUN GUBENG PADA SAAT PENERAPAN NEW NORMAL. Undergraduate thesis, UPN "Veteran" Jawa Timur.

[img]
Preview
Text (COVER)
18035010008_COVER.pdf

Download (844kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
18035010008_BAB I.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text (BAB II)
18035010008_BAB II.pdf
Restricted to Registered users only until 15 November 2025.

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
18035010008_BAB III.pdf
Restricted to Registered users only until 15 November 2025.

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
18035010008_BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only until 15 November 2025.

Download (1MB) | Request a copy
[img]
Preview
Text (BAB V)
18035010008_BAB V.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR PUSTAKA)
18035010008_DAFTAR PUSTAKA .pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text (LAMPIRAN)
18035010008_LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only until 15 November 2025.

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Masuknya virus Covid-19 pada awal tahun 2020 di Indonesia telah mengubah tatanan kehidupan masyarakat. Salah satu sektor yang terkena dampak akibat wabah Covid-19 adalah transportasi kereta api. Adanya virus Covid-19 mengakibatkan penurunan jumlah penumpang kereta api di Stasiun Gubeng. PT. KAI Daop 8 Surabaya selaku penyelenggara jasa angkutan kereta api di Stasiun Gubeng telah menyiapkan protokol untuk penerapan New Normal. Salah satu kereta api yang siap untuk dioperasikan kembali dengan menerapkan protokol pencegahan Covid-19 yaitu Kereta Api Eksekutif Bima. Kereta Api Eksekutif Bima merupakan kereta api kelas eksekutif dengan relasi Stasiun Surabaya Gubeng – Stasiun Gambir. Pada penelitian ini akan dilakukan analisis untuk mengetahui tingkat kepuasan penumpang terhadap pelayanan Kereta Api Eksekutif Bima di Stasiun Gubeng pada saat penerapan New Normal menggunakan metode Importance Performance Analysis (IPA). Penelitian ini merupakan jenis penelitian deskriptif-kuantitatif. Populasi penelitian ini adalah penumpang yang menggunakan jasa Kereta Api Eksekutif Bima di Stasiun Gubeng. Berdasarkan hasil pengolahan data dan analisis didapat nilai tingkat kesesuaian antara nilai kinerja dengan harapan pada saat penerapan New Normal di Stasiun Gubeng dan di Kereta Api Eksekutif Bima sebagai berikut: di Stasiun Gubeng, nilai tingkat kesesuaian yang terbesar adalah 97,56%, yaitu kecepatan dan ketepatan dalam jadwal keberangkatan kereta api. Sedangkan di Kereta Api Eksekutif Bima, nilai tingkat kesesuian yang terbesar adalah 98,19%, yaitu ketepatan petugas dalam memberikan informasi terkait gangguan perjalanan kereta api. Nilai rata-rata dari atribut pelayanan yang menggambarkan tingkat kepuasan penumpang di Stasiun Gubeng, secara umum mencerminkan tingkat kepuasan atau kualitas pelayanan yang sangat baik. Hal ini terbukti dari ke-25 atribut pelayanan yang memiliki nilai sebesar 4,09 yaitu “memuaskan”. Sedangkan di Kereta Api Eksekutif Bima, secara umum mencerminkan tingkat kepuasan atau kualitas pelayanan yang sangat baik. Hal ini terbukti dari ke-20 atribut pelayanan yang memiliki nilai sebesar 4,14 yaitu “memuaskan”. Kata Kunci: Kereta Api, Stasiun, Kepuasan penumpang, New Normal, Importance Performance Analysis (IPA)

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorUtomo, Nugroho0717017501nugrohoutomo7577@gmail.com
Subjects: T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
Divisions: Faculty of Engineering > Departement of Civil Engineering
Depositing User: aulia s
Date Deposited: 15 Nov 2022 06:21
Last Modified: 15 Nov 2022 06:21
URI: http://repository.upnjatim.ac.id/id/eprint/10257

Actions (login required)

View Item View Item