KOLABORASI PRODUK NEW MEDIA TIK TOK DALAM UPAYA PENYAMPAIAN MATERI PERKULIAHAN MELALUI VIDEO PEMBELAJARAN DI ERA PERKULIAHAN DARING PADA MASA PANDEMIK (Studi kasus mahasiswa universitas islam Indonesia prodi ilmu komunikasi angkatan 2020)

Choirunnisa, Zuefa (2022) KOLABORASI PRODUK NEW MEDIA TIK TOK DALAM UPAYA PENYAMPAIAN MATERI PERKULIAHAN MELALUI VIDEO PEMBELAJARAN DI ERA PERKULIAHAN DARING PADA MASA PANDEMIK (Studi kasus mahasiswa universitas islam Indonesia prodi ilmu komunikasi angkatan 2020). In: Seminar Nasional Desain (SNADES) 2022 : Desain Kolaborasi Interdisipliner di Era Digital, 10 Agustus 2022, Surabaya.

[img]
Preview
Text
25_ZUEFA CHOIRUNNISA, S.Sn., M.Sn. (REVISI FP) (184-190).pdf

Download (603kB) | Preview

Abstract

Jurnal Penelitian ini merupakan sebuah ide pikiran dari penulis terkait dengan pengembangan media pembelajaran di era pandemic saat ini. Berdasarkan perkembangannya khususnya di era revolusi industri 4.0 maka dinamika pembelajaran tidak boleh lagi mengimplementasikan cara yang konvensinal, terutama dalam pemilihan media pembelajaran. Media pembelajaran di era digital harus diselaraskan dengan perkembangan teknologi khususnya yang berbasis internet. Media pembelajaran haruslah menarik, dekat dan lekat dengan peserta didik yang dalam hal ini adalah mahasiswa. Aplikasi Tik Tok hadir dengan predikat minir dari masyarakat, namun ironisnya rerata anak generasi Z sangat menikmati aplikasi ini, Berdasarkan premis tersebut maka dapat ditarik generalisasi bahwa apabila digunkan serta dimediasi secara tepat maka Aplikasi Tik Tok akan menjadi sebuah media pembelajaran yang menarik serta menyenangkan. Penggunaan Aplikasi Tik Tok sebagai media pembelajaran interaktif diharapkan membantu peserta didik dalam memahami dan menerima proses pembelajaran yang dilakukan dosen. Media pembelajaran interaktif dapat mewakili apa yang belum bisa disampaikan guru dan proses pembelajaran akan lebih efektif dan efisien. Melalui aplikasi Tik Tok, bagi dosen dapat dengan mudah menciptakan pembelajaran interaktif, sehingga dapat disesuaikan dengan lingkungan, situasi, dan kondisi mahasiswa yang bersnagkautan di era perkuliahan secara daring. Kata Kunci : New Media, Media Pembelajaran Daring, Aplikasi Tik Tok, Era Pandemi

Item Type: Conference or Workshop Item (Paper)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education
P Language and Literature > P Philology. Linguistics > P87 Communication. Mass Media
Divisions: Conference/Seminar > Seminar Nasional Desain (SNADES) 2022
Depositing User: Fatchullah Fatchullah
Date Deposited: 25 Oct 2022 03:11
Last Modified: 25 Oct 2022 03:11
URI: http://repository.upnjatim.ac.id/id/eprint/10017

Actions (login required)

View Item View Item